Sedekah Boleh Diumumkan untuk Menggugah yang Lain

765
Ilustrasi: Sedekah.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Berinfak, bersedekah boleh dirahasiakan agar tidak timbul riyaa’ dan pamer. Namun boleh pula diumumkan jika untuk tujuan menggugah yang lain agar mau juga bersedekah, berinfak.

TRUE STORY:

1- Benar bahwa merahasiakan sedekah itu baik, namun Allaah SWT tidak pernah melarang bersedekah secara terang-terangan.

BACA JUGA: Jin Suka Orang yang Telanjang

2- Allaah SWT berfirman:

اِنْ تُبْدُوا الصَّدَقٰتِ فَنِعِمَّا هِيَۚ وَاِنْ تُخْفُوْهَا وَتُؤْتُوْهَا الْفُقَرَاۤءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۗ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِّنْ سَيِّاٰتِكُمْۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ. (البقرة ٢ الاية ٢٧١)

“Jika kamu menampakkan sedekahmu, itu baik. Akan tetapi, jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang miskin, itu lebih baik bagimu. Allaah akan Menghapus sebagian kesalahanmu. Allaah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan,” (QS Al Baqarah, surah ke 2, ayat 271, halaman ).

POINTERS:

1- Begitu banyak ayat dan hadits yang menjelaskan kebaikan sedekah sembunyi sembunyi maupun terang-terangan, karena keduanya memiliki pahala yang dahsyat luar biasa. Maka, jangan berburuk duga pada mereka yang memperlihatkan sedekahnya bahwa mereka melakukan demikian karena ingin diketahui.

2- Bagaimanapun ikhlas dan pamer atau riyaa’ adalah domain hati yang amat tulus, bukan hak Manusia untuk menilainya. Terlebih lagi, Allaah SWT tidak Mengharamkan Sedekah dengan terang-terangan.

BACA JUGA: Sayangi yang Muda, Muliakan yang Tua

Allaah SWT berfirman menjelaskan bahwa bersedekah dengan terang-terangan boleh dan diterima Allaah:

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ (البقرة ٢ الاية ٢٧٤)

“Orang-orang yang menginfakkan hartanya pada malam dan siang hari, baik secara rahasia maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Allaah Tuhannya. Dan tidak akan ada rasa takut pada diri mereka dan tidak pula mereka bersedih,” (QS. Al-Baqarah, surah ke-2, ayat 274, halaman 46 ).

3- Sedekah terang-terangan yang dilakukan dengan ikhlas bisa menjadi wujud syukur atas karunia yang Allaah berikan. Lalu, apalagi yang membuat kita ragu atau takut bersedekah sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.

Allaah SWT berfirman:

وَالَّذِيْنَ صَبَرُوا ابْتِغَاۤءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً وَّيَدْرَءُوْنَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِۙ. (الرعد الاية ٢٢)

“Dan orang orang yang sabar karena mengharap keridaan Allaah Tuhannya, melaksanakan Shalat, dan menginfakkan rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara rahasia sembunyi sembunyi atau dengan terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang orang itulah yang mendapat tempat kesudahan kelak di Akhirat yang terbaik,” (QS. Ar-Ra’d, surah ke-13, ayat 22, halaman 252).

BACA JUGA: Butuh Punya Anak yang Pintar Berdoa

4- Usahakan agar rutin bersedekah setiap hari, walau hanya sebotol air minum dan sebungkus nasi kepada para pemulung yang lewat depan rumah kita. Sedekah ini akan mengundah rezeki dan pertolongan Allaah SWT yang luar biasa.

5- Tidak ada yang miskin karena rajin bersedekah, bahkan tambah makmur. Sebaliknya, orang pelit, kikir, lokek, hidupnya akan selalu sulit dan rezekinya seret.

Mari berdoa, agar Allaah SWT menganugerahkan kita kemudahan dan kemampuan untuk selalu menggembirakan dan memberi. Dan Allaah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allaah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here