Sayangi yang Muda, Muliakan yang Tua

448

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Ada tiga fase kehidupan yang terbentang untuk kita tempuh, meski tidak semua bisa sampai di penghujung, karena terhenti oleh maut yang lebih dahulu menjemput. Maka perbanyaklah amal ibadah sebagai bekal untuk Akhirat.

Tanamlah kebaikan, akan panen keni’matan. Jangan tanam kejahatan, karena akan panen kesengsaraan.

كما تدين تدان وكما تدان تدين

BACA JUGA: Jika Merasa Berat dan Malas Beribadah

TRUE STORY:

1- Allaah SWT membagi usia kehidupan manusia di dunia menjadi tiga fase, yaitu lemah, kuat, lemah lagi tapi beruban. Allaah SWT berfirman:

اَللّٰهُ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ ضُعۡفٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنۡۢ بَعۡدِ ضُعۡفٍ قُوَّةً ثُمَّ جَعَلَ مِنۡۢ بَعۡدِ قُوَّةٍ ضُعۡفًا وَّشَيۡبَةً  ؕ يَخۡلُقُ مَا يَشَآءُ ۚ  وَهُوَ الۡعَلِيۡمُ الۡقَدِيۡرُ. (الروم ٥٤)

“Allaah Yang Menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia Menjadikan kamu setelah keadaan lemah itu Menjadi kuat, kemudian Dia Menjadikan kamu setelah kuat itu lemah kembali dengan beruban. Dia Allaah Menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dan Dia Allaah Maha Mengetahui Lagi Maha Kuasa,” (QS. Ar-Ruum, surah ke-30, ayat 54, halaman 410).

BACA JUGA: Jika Sakit, Lakukan Hal Ini..

POINTERS:

1- Setiap muslim harus memahami fase-fase kehidupan di dunia fana ini dan menjadikannya perhatian khusus agar selamat dunia dan akhirat.

2- Di antara etika yang terkait fase usia ini adalah mereka yang berada di fase kuat atau dewasa harus bertindak sesuai kapasitasnya dan menggunakannya dengan penuh tanggung jawab.

Karena mereka adalah orang-orang yang berada di puncak fase usia dan yang paling memiliki kemampuan, maka dia harus melindungi dan mengayomi orang-orang yang berada di fase usia yang lain, bukan malah meninggalkan, tak peduli, apalagi sampai menindas.

Karena itulah Rasuulullaah ﷺ bersabda:

“Siapa yang tidak menyayangi anak-anak dan tidak menghargai hak-hak Orang Tua, maka ia tidak termasuk umat kami,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Al-Bukhari dalam Adab Al-Mufrad dari Abu Hurairah RA).

BACA JUGA: Butuh Punya Anak yang Pintar Berdoa

3- Begitu pula mereka yang berada pada fase-fase usia lainnya harus mengetahui etika yang perlu dilakukannya. Seorang anak atau mereka yang berusia lebih muda, wajib menghormati orang-orang yang lebih tua dan mendahului dalam memberi salam.

Rasulullaah ﷺ bersabda: “Yang muda harus memberi salam kepada yang tua, yang berjalan kepada yang duduk, dan yang sedikit kepada yang banyak,” (Hadits Sahih Riwayah Al-Imam Al-Bukhari).

4- Jangan pernah menyakiti orang, karena segera akan disakiti orang:

من زرع أذى سيتأذى به ومن زرع خيرا سيأكل منه

“Siapa yang menanam derita, ia akan menderita. Siapa yang menanam kebaikan ia akan meni’matinya”.

Mari berdoa, agar Allaah SWT menganugerahkan kita kemudahan dan kemampuan untuk memperbanyak amal shalih. Dan Allaah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allaah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here