Ajak Saksikan Film Buya Hamka & Siti Raham Vol II, Sekjen MUI: Hamka Teladan Umat

24797

Muslim Obsession – Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan mengajak masyarakat untuk menyaksikan film Buya Hamka & Siti Raham vol II. Ini dengan tujuan untuk meneladani nilai patriotisme tokoh nasional.

Hal tersebut disampaikannya saat konferensi pers Screening Nobar (Nonon Bareng) Film Buya Hamka & Siti Raham vo. 2 di Epicentrum XXI Jakarta, dikutip Rabu (20/12/2023).

“Film Buya Hamka volume kedua ini memberikan satu penguatan literasi, edukasi, sekaligus sosialisasi terhadap nilai-nilai kebangsaan patriot perjuangan. Seluruh aspek tersebut bisa kita teladani lewat Buya Hamka,” kata Sekjen MUI.

Baca Juga: Siapa Sosok Teman Tak Kasat Mata Buya Hamka?

Buya Amirsyah menegaskan, ketokohan Buya Hamka tidaklah diragukan lagi. Selain sebagai seorang ulama, Hamka juga merupakan sastrawan dan jurnalis.

Dengan keluasan ilmu yang dimilikinya tersebut, tidak mengikis rasa patriotisme dalam dirinya. Justru, rasa cinta kepada bangsa Indonesia menjadi sikap dan perjuangannya semasa hidup.

Cerita unik lainnya yang disinggung dalam film ini, salah satunya adalah karya Buya Hamka yaitu Tafsir Al-Azhar yang ditulisnya di dalam penjara. Sekjen MUI menilai, kendati dihadapkan dalam situasi yang amat terbatas, Buya Hamka mampu melahirkan magnum opusnya.

Baca Juga: Berat! Perankan Tokoh Buya Hamka, Vino G Bastian Dites Ngaji dan Bahasa Arab

“Film ini juga memberikan refleksi untuk bangsa dan negara kita saat ini yang tengah mengalami krisis kepemimpinan. Nilai integritas Hamka tampil memberikan pencerahan bagi kita untuk mencerdaskan komponen-komponen bangsa,” ujarnya.

Selain itu, menurut dia, Hamka juga merupakan tokoh yang mampu memadukan nilai keagamaan dan kebangsaan dengan rapi. Sehingga melahirkan karya untuk kemaslahatan masyarakat.

Baca Juga: Ini Alasan Buya Hamka Tidak Menggunakan Nama Lengkap

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan MUI, Prof Utang Ranuwijaya menyampaikan persoalan politik, kebangsaan, serta keumatan diramu secara apik dalam film Buya Hamka & Siti Raham vol 2 ini.

“Buya Hamka itu seorang tokoh multitalenta yang bisa berjaya di zamannya dan sangat pantas menjadi ketua umum MUI yang pertama. Beliau memiliki kemampuan untuk meramu berbagai persoalan dan mencari solusi. Pada akhirnya, beliau keluar menjadi pemenang dalam berbagai persoalan yang dihadapinya ini,” kata dia menambahkan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here