Xi Jinping Berkunjung ke Kumunitas Muslim Uighur, Hasilkan 4 Poin

86

Jakarta, Muslim Obsession – Untuk pertama kalinya dalam delapan tahun kepemimpinan Presiden Xi Jinping berkunjung ke tempat tinggal komunitas Muslim Uighur di Xinjiang. Ia membawa sejumlah agenda.

Selama empat hari sejak Selasa hingga Jumat pekan lalu, Xi menekankan setidaknya empat poin penting, yang intinya menekankan penerapan sistem sosialis di China.

Berikut poin-poin Xi Jinping, sebagaimana diberitakan Reuters dan Xinhua.

1. Tiap etnis di China harus hidup di bawah sistem sosialis

Sebagaimana diberitakan Xinhua, Xi mengatakan bahwa China merupakan negara multi-etnis yang bersatu. Ia menyatakan seluruh kelompok etnis menikmati kesetaraan, persatuan, dan perkembangan di bawah sistem sosialis.

“Secara kreatif mengadaptasi teori etnis Marxist ke realitas spesifik China, kami telah memformulasikan teori etnis dan kebijakan yang berciri kesetaraan dan kesatuan etnis, otonomi daerah etnis, serta pembangunan dan kemakmuran bersama, sehingga semua etnis dapat menikmati kesetaraan, kesatuan, dan kemajuan dalam arti yang sebenarnya di bawah sistem sosialis,” kata XI.

2. Islam di Negeri Tirai Bambu harus berorientasi China

Xi mengatakan peningkatan upaya harus dilakukan untuk menerapkan prinsip bahwa Islam di Negeri Tirai Bambu harus berorientasi pada China.

“Kita harus lebih menjunjung tinggi prinsip pengembangan Islam dalam konteks China dan memberikan bimbingan aktif terkait adaptasi agama ke dalam masyarakat sosialis,” ujar Xi.

“Kita harus melatih sebuah tim yang beranggotakan pejabat partai dan pemerintah, yang mengerti tentang pandangan Marxisme akan agama, familier dengan isu keagamaan dan memiliki kompetensi akan hal itu, mendukung pembentukan kelompok tokoh agama yang dapat diandalkan secara politik, memiliki karakter yang luhur, memiliki pencapaian keagamaan, dan dapat memainkan peran mereka dalam waktu penting.”

Selain itu, Xi menyampaikan penganut agama harus dikumpulkan di bawah Partai Komunis China (PKC) dan pemerintah.

3. Segala etnis perkuat identitas diri dengan China

Xi juga menginginkan seluruh etnis di negara itu diajarkan untuk memperkuat identifikasi diri mereka dengan China.

“Kita harus mengajarkan dan menuntun masyarakat dari segala etnis untuk memiliki pandangan yang benar terkait negara, sejarah, etnis, budaya, dan agama, pun meningkatkan identifikasi diri mereka dengan tanah air, negara China, budaya China, PKC, dan sosialisme dengan karakteristik China,” tuturnya.

4. Berjanji bikin Xinjiang jadi wilayah berbudaya maju

Xi berjanji akan membangun Xinjiang menjadi negara yang harmonis, makmur, dan memiliki budaya yang maju. Ia ingin Xinjiang memiliki ekosistem sehat, di mana orang-orang yang hidup dan bekerja merasa puas. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here