Wanita di Hyderabad Protes Larangan Hijab di Karnataka

612
Ilustrasi Pelarangan Hijab  (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Anggota Organisasi Wanita Muslim Telangana (GIO) pada hari Ahad (6/2/2022) melakukan protes terhadap kontroversi yang sedang berlangsung di Karnataka atas larangan mengenakan hijab oleh anak perempuan sebagai persyaratan untuk masuk ke lembaga pendidikan.

Puluhan wanita membawa plakat “Hijab adalah hak saya” melakukan protes diam-diam di dekat tujuh makam di Golconda.

Para pemrotes menuntut agar Pemerintah Karnataka mengakhiri sikap prasangka terhadap minoritas dan memastikan bahwa setiap wanita di negara bagian itu menikmati hak-hak mereka yang diatur dalam konstitusi India.

Para pengunjuk rasa menuduh bahwa meskipun pandemi telah mempengaruhi studi para siswa dan para gadis telah banyak menderita selama masa pengujian.

Mengangkat slogan-slogan dalam penegasan hak mereka atas pilihan pakaian, para pengunjuk rasa perempuan menyatakan kecaman mereka dengan protes diam di kota.

Saat institusi pendidikan dibuka kembali, terciptanya kontroversi pemakaian hijab di institusi pendidikan di Karnataka sangat disayangkan.

Pemerintah harus memastikan bahwa setiap wanita akan menikmati kebebasan beragamanya yang merupakan hak dasar yang dijamin di bawah konstitusi India.

Belakangan ini, pertikaian meletus di Karnataka setelah beberapa lembaga pendidikan termasuk sekolah yang dikelola pemerintah di Udupi di Negara Bagian Karnataka melarang siswa berhijab memasuki tempat belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here