UMKM Berkontribusi Besar Ciptakan Lapangan Kerja

472
CEO OMG Nurbaiti Hisyam saat memberikan sambutan di acara UMKM SUMMIT 2024 di Hotel Aston Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024). (Foto: Kapoy/OMG)

Jakarta, Muslim Obsession – CEO Obsession Media Group (OMG) Nurbaiti Hisyam mengungkapkan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat ini telah berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB.

Di sisi lain, UMKM juga telah sukses menciptakan lapangan kerja bagi 97 persen tenaga kerja di Indonesia.

“Upaya UMKM ini patut diapresiasi karena mampu menjadi motor penggerak perekonomian nasional. Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada rangkaian ASEAN Finance Minister and Central Bank Governor Meetings di Bali pada Maret 2023,” ujar Nurbaiti dalam sambutannya di acara UMKM SUMMIT 2024, Kamis (7/3/2024).

Nurbaiti menambahkan, sebelumnya Presiden Joko Widodo juga telah menegaskan arahannya pada event G20 tahun 2022, dengan target membawa 30 juta UMKM ke dalam ekosistem digital pada tahun 2024.

Kendati demikian, tegas Nurbaiti, tantangan seperti akses permodalan dan adaptasi terhadap teknologi digital masih menjadi hal yang harus diatasi.

“Untuk mendukung transformasi digital UMKM, OMG Communication kembali menggelar UMKM SUMMIT 2024 – Awarding & Seminar. Acara ini bertujuan untuk membangun ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif bagi UMKM di Indonesia, dengan kolaborasi antara Pemerintah, Swasta, Mitra UMKM, dan UMKM sendiri,” ungkapnya.

UMKM SUMMIT 2024 digelar OMG Communication dengan mengangkat tajuk “UMKM sebagai Motor Penggerak Perekonomian Nasional” di Hotel Aston Simatupang, Jakarta Selatan.

Acara tersebut menjadi wadah penting untuk membahas peran serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.

Gelaran ini juga menjadi ajang penghargaan untuk UMKM Binaan yang berprestasi dan Mitra UMKM yang telah membina dan mendukung UMKM.

Pada kesempatan ini penghargaan juga diberikan kepada Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, atas upaya memberdayakan UMKM dan memperkuat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Acara dilanjutkan dengan seminar yang mengangkat empat tema utama, yaitu inovasi dan pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan, UMKM muda menuju ekspansi global melalui digital, upaya meningkatkan kualitas UMKM, dan peran Mitra UMKM dalam mendukung transformasi UMKM menuju era digital, global, dan ramah lingkungan.

Seminar tersebut dipandu oleh narasumber ahli dari berbagai latar belakang, baik dari Pemerintah, Swasta, maupun Mitra UMKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here