Tiga Amalan Persiapan Jelang Ramadhan

542

Muslim Obsession – Tak lama lagi Ramadhan akan menyapa orang-orang beriman. Mengingat besarnya kebaikan dan keutamaan di dalamnya, kedatangan Ramadhan patut dinanti dengan kegembiraan.

Bulan Ramadhan bukan sekadar bulan puasa, namun juga merupakan waktu di mana amalan kebaikan dilipatgandakan, pintu ampunan terbuka lebar, dan kesempatan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

Oleh karenanya, setiap orang beriman perlu melakukan persiapan yang matang dan sungguh-sungguh agar nanti dapat maksimal dalam meraih manfaat spiritual Ramadhan.

Pada saat Ramadhan, setidaknya ada tiga amalan yang dilakukan, yakni puasa yang wajib dilaksanakan saat fajar hingga terbenamnya matahari, Shalat Sunnah Tarawih di malam hari, dan membaca Al-Quran di setiap kesempatan.

Agar dapat melaksanakan tiga amalan utama tersebut pada saat Ramadhan, setiap orang beriman sejatinya bisa mempersiapkan diri jelang bulan suci tiba.

Pertama, biasakan diri untuk melakukan puasa sunnah. Jika terbiasa melaksanakan puasa sunnah, niscaya seseorang akan lebih mudah melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

Puasa sunnah tidak hanya menambah pahala, tetapi juga menjadi perisai dari api neraka. Hal ini disampaikan Rasulullah ﷺ:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُولُ مَنْ صَامَ يَوْمًا فِي سَبِيلِ اللهِ بَعَّدَ اللهُ وَجْهَهُ عَنْ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا (رواه البخاري ومسلم والترمذي والنسائي وأحمد والدارمي وابن ماجه)

“Dari Abi Said al-Khudri r.a. [diriwayatkan bahwa] ia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa berpuasa pada suatu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka selama 70 tahun”. [HR. al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, an-Nasai, Ahmad, ad-Darimiy, dan Ibnu Majah].

Selain itu, melaksanakan puasa sunnah juga dapat menghapus dosa-dosa kita. Sebagaimana termaktub dalam hadits Rasulullah ﷺ.

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: قَالَ لَهُ رَجُلٌ أَرَأَيْتَ صِيَامَ عَرَفَةَ قَالَ أَحْتَسِبُ عِنْدَ اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ قَالَ يَا رَسُولَ اللهِ: أَرَأَيْتَ صَوْمَ عَاشُورَاءَ قَالَ أَحْتَسِبُ عِنْدَ اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ (رواه احمد)

Dari Abi Qatadah, dari Nabi ﷺ [diriwayatkan bahwa] ia berkata: Ada seseorang bertanya kepada Nabi ﷺ. bagaimana pendapat anda tentang puasa Arafah? Nabi menjawab: Puasa Arafah itu dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan yang tersisa. Kemudian orang tadi bertanya lagi: Bagaimana tentang puasa Asyura? Nabi ﷺ. menjawab: Puasa Asyura dapat menghapus dosa yang telah lalu.” [HR. Ahmad].

Di antara puasa sunnah yang dianjurkan adalah Puasa Dawud, Puasa Hari Senin dan Kamis, serta puasa ayyam al-bidh atau puasa tiga hari setiap bulan. Menghidupkan sunnah-sunnah ini adalah bentuk tanggung jawab kita sebagai umat yang mencintai Rasulullah ﷺ dan menginginkan keberkahan dalam hidup kita.

Bukan hanya karena keutamaannya, puasa sunnah juga memiliki nilai tambah yang sangat berharga dalam mempersiapkan diri menghadapi bulan Ramadhan. Puasa sunnah menjadi sebuah latihan spiritual yang memperkuat mental dan memberikan pengalaman berharga dalam menjalani ibadah puasa sebulan penuh.

Kedua, dalam rangka mempersiapkan diri untuk melaksanakan Shalat tarawih di bulan Ramadhan, kita sangat dianjurkan untuk membiasakan diri melaksanakan Shalat Tahajud. Shalat Tahajud merupakan ibadah yang sangat istimewa. Allah Swt secara langsung memerintahkannya dalam Al-Quran, seperti yang tercantum dalam Surat Al-Insan ayat 26:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَٱسْجُدْ لَهُۥ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari.” [QS. Al Insan: 26].

Mengerjakan Shalat Tahajud dengan khusyuk dan penuh keikhlasan memiliki keutamaan yang besar di hadapan Allah Swt. Allah Ta’ala berfirman dalam Surat Al-Isra ayat 79:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” [QS. Al-Isra: 79].

Melaksanakan Shalat Tahajud merupakan bagian dari persiapan diri dalam menyambut bulan Ramadhan.

Ketiga, miliki tradisi membaca Al-Quran sebagai bagian penting dari persiapan diri menyambut bulan Ramadhan yang agung. Membiasakan diri membaca Al-Quran sejak jauh-jauh hari adalah langkah bijak agar ketika Ramadhan tiba, seseorang telah terlatih dan terbiasa mendekatkan diri kepada Allah Swt melalui kalam-Nya.

Tidak hanya itu, kita dianjurkan untuk menamatkan Al-Quran sebanyak-banyaknya selama bulan Ramadhan. Dalam hadits disebutkan bahwa setiap huruf yang dibaca akan mendapatkan balasan satu kebaikan, dan setiap kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh.

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah ﷺ bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah [Al-Qur’an], maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” [HR. At-Tirmidzi].

Demikianlah tiga amalan yang bisa dilakukan sebagai persiapan menyambut datangnya Ramadhan. Tentu masih banyak lagi amal shalih yang dapat dilakukan, seperti bersedekah, menebar salam, meningkatkan pemahaman keislaman, dan lain sebagainya.

Semoga Allah Ta’ala memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita dalam melaksanakan ibadah Ramadhan. Kita pun tentu berharap semoga Ramadhan tahun ini menjadi momentum terbaik dalam hidup kita, dimana Allah Ta’ala menganugerahkan rahmat-Nya kepada kita dan orang-orang yang kita kasihi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here