PNS dan Karyawan Swasta yang Mau Kerja di IKN Bebas Pajak

345

Jakarta, Muslim Obsession — Pemerintah memberikan tawaran menarik untuk para karyawan swasta dan PNS yang mau pindah kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan sejumlah insentif.

Salah satu insentif, gaji akan bebas pajak penghasilan 21 (PPH Pasal 21). Dengan insentif ini, PNS dan pegawai swasta yang bekerja di IKN akan mendapatkan gaji penuh, tanpa potongan pajak dan lainnya.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yon Arsal di hadapan para calon investor. Insentif gratis pajak penghasilan itu akan diberlakukan sampai 2035.

“Tentu kita usahakan mendatangkan keramaian (di IKN), makanya salah satu fasilitas yang kita berikan adalah PPh 21 ditanggung pemerintah yang akan memberikan berbagai insentif bagi karyawan yang pindah ke sana,” kata Yon dalam Roadshow IKN di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (1/12).

“Yang pindah ke sana, kerja dan domisili di sana, karyawan, PPh-nya ditanggung pemerintah. Jadi, karyawan yang bersangkutan dapat menerima penghasilan secara penuh, pajaknya ditanggung pemerintah,” sambungnya.

Selain itu, Yon menyebut ada sederet insentif lain, termasuk pajak pertambahan nilai (PPN), yang juga ditanggung pemerintah.

Meski begitu, Yon memastikan seluruh insentif yang diberikan negara tetap memperhatikan tata kelola dengan baik. Hal tersebut juga akan disampaikan dalam laporan realisasi APBN secara berkala.

Ia menyebut ada empat fokus yang menjadi landasan pemerintah dalam mengobral insentif di IKN.

Pertama, keberlangsungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia sadar banyaknya insentif yang ditanggung pemerintah perlu terus memperhatikan stabilitas kas negara.

Kedua, pemerintah tetap mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri. Ketiga, negara terus mendukung masuknya investasi baru di IKN.

“Bagaimana mendesain insentif tadi, misal tax holiday, financial center, holding company, dan sebagainya untuk menciptakan industri-industri baru, termasuk UMKM juga,” jelasnya.

“Keempat, kita akan dorong konsep green environment dan smart city sehingga kita juga memberikan berbagai fasilitas. Terutama, PPN di area-area yang terkait green environment,” tutup Yon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here