Perdebatan Surga dan Neraka tentang Orang Lemah dan Sombong

130

Muslim Obsession – Di antara para penghuni surga adalah orang-orang yang lemah, sementara orang-orang sombong mendominasi isi neraka.

Imam Muslim meriwayatkan, surga dan neraka saling berdebat tentang para penghuni yang mendiami keduanya itu.

Perdebatan keduanya dijelaskan Syeikh Aidh Al-Qarni dalam buku Sentuhan Spiritual. Syeikh Aidh menceritakan, dalam perdebatan itu neraka berkata: “Mengapa tidak ada yang masuk kepadaku kecuali orang-orang keras dan sombong?”.

BACA JUGA: Ikhlas: Intisari dan Ruhnya Amal

Sementara, surga pun berkata: “Mengapa tak ada yang masuk kepadaku kecuali orang-orang yang lemah dan miskin?”.

Menyaksikan keduanya, Allah pun berfirman kepada neraka: “Engkau adalah siksaan-Ku, denganmu Aku menyiksa yang Aku mau,”. Dan kepada surga, Allah berkata: “Engkau adalah rahmat-Ku, Aku merahmati siapa saja yang Aku mau, setiap dari kalian ada yang memenuhinya”.

Syekh Aidh Al-menerangkan, Allah menciptakan sesuatu dan menjadikannya dua bagian. Satu bagian di surga dan bagian lain di neraka.

BACA JUGA: 4 Hal Penyebab Orang Jadi Sombong

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah menceritakan perihal penghuni surga dan neraka seraya bersabda: “Maukah kalian aku beri tahu tentang penghuni surga?”.

Mereka pun menjawab: “Iya, mau,”. Nabi kemudian bersabda: “Setiap yang lemah dan tawadhu, kalau dia bersumpah kepada Allah, niscaya dikabulkan-Nya”.

Lalu beliau bersabda kembali: “Maukah kalian kuberitahu tentang penghuni neraka? (Yakni) setiap yang beringas dan sombong”.

Semoga Allah Ta’ala senantiasa membimbing kita agar terhindar dari sifat sombong. Aamiin. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here