MUI Minta Tempat Hiburan Tutup Selama Ramadhan

493

Bandung, Muslim Obsession – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menegaskan tidak ada aksi sweeping terhadap tempat hiburan yang buka selama bulan Ramadhan. Namun, ia meminta agar hiburan malam ditutup.

Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar mengatakan pihaknya menyarankan agar kegiatan tempat hiburan malam ditiadakan selama bulan suci Ramadan.

“Kami kan sering menyarankan hiburan malam itu di setop aja dulu sama bulan Ramadan. Cuma memang ada problem kalau di setop, gimana karyawan segala macam, ya itu kan tanggung jawab si pengusaha dan pemerintah daerah lah,” ucap Rafani di kantornya, Jumat (8/3/2024).

Rafani menegaskan, jika tempat hiburan malam tidak ditutup, dia meminta agar kegiatan yang dilakukan tidak mengganggu masyarakat dalam menjalankan ibadah. Dia juga menekankan, agar hiburan malam tidak mencoreng kesucian dari bulan Ramadan itu sendiri.

“Yang intinya yang diinginkan MUI itu apapun kegiatan jangan sampai mengganggu kesucian Ramadan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rafani juga mengingatkan agar tidak ada aksi sweeping yang dilakukan oleh pihak manapun termasuk organisasi masyarakat (ormas) ke tempat-tempat hiburan maupun tempat makan di siang hari. Menurutnya hal itu justru menimbulkan keresahan di masyarakat.

“MUI dari dulu juga tidak setuju dengan sweeping itu ya, jadi ya memang kita tidak setuju dengan kegiatan-kegiatan hiburan yang mengganggu gitu ya atau yang jualan nasi secara terbuka gitu kan,” ucap Rafani.

“Tapi juga tidak setuju dengan cara-cara sweeping, dengan cara-cara razia gitu kan apalagi kalau harus menimbulkan keresahan gitu. Masih bisa dilakukan dengan cara lain gitu dengan pendekatan yang sesuai, yang tepat lah gitu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here