Muhammadiyah Prediksi Idul Fitri 2024 Bareng dengan Pemerintah

523
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Foto: muhammadiyah)

Yogyakarta, Muslim Obsession – Di Awal penetapan 1 Ramadhan 1445 H, Muhammadiyah dengan pemerintah berbeda. Namun, Muhammmadiyah memprediksi Hari Raya Idulfitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H nantinya akan sama.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memprediksi jika penetapan 1 Syawal 1445 H antara Muhammadiyah dengan pemerintah akan jatuh di tanggal yang sama.

“Untuk Idulfitri (2024), dari hasil kajian dan pengumpulan informasi, sama. Jadi kemungkinan berbeda itu tipis,” ucap Haedar di UNY, Kamis 21 Maret 2024.

Haedar menyebut seandainya nantinya berbeda, hal itu harus disikapi dengan bijak. “Baik sama ataupun berbeda itu kita kaum muslimin harus bisa menjadikan puasa dan Idulfitri untuk mematangkan dan mencerahkan pribadi kita, perilaku kita, sikap kita, pikiran kita. Sehingga membawa pencerahan dalam kehidupan umat dan negara,” tegas Haedar.

Haedar meminta pada pemerintah untuk mengayomi semua pihak. Haedar menegaskan perbedaan dan apapun kesamaannya harus tetap diayomi oleh pemerintah.

“Saya pikir masalah itu tidak akan menjadi problematik ketika pemerintah sendiri ngayomi semua pihak. Baik ketika sama, lebih-lebih ketika berbeda,” pungkas Haedar.

Sebagaimana diketahui dalam penetapan 1 Ramadhan 1445 H atau awal puasa Ramadhan terjadi perbedaan antara Muhammadiyah dengan pemerintah.

Muhammadiyah yang memakai metode hisab Wujudul Hilal Hakiki menetapkan awal puasa Ramadan dimulai pada hari Senin 11 Maret 2024.

Sementara pemerintah dengan metode rukyatul hilal menetapkan hari Selasa 12 Maret 2024 sebagai awal puasa Ramadhan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here