Jangan Menggerutu

405

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University)

Terkadang kita kecewa bahkan menggerutu kenapa terjadi hal yang tak sesuai dengan harapan kita. Hal-hal yang telah direncanakan, tidak berjalan mulus atau gagal.

Terkadang tak kuasa menahan emosi, bahkan timbul kecewa.

TRUE STORY:

1- Allah SWT berfirman menegaskan bahwa tidak semua yang diinginkan itu baik bagi kehidupanmu, sebaliknya tidak semua yang tidak disukai padahal itu baik. Allah lebih mengetahui mana yang baik dan mana yang membahayakan:

 وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ  (البقرة الاية ٢١٦)

“Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah Maha Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui,” (QS. Al-Baqarah, surah ke 2, ayat 216, halaman 34).

BACA JUGA: Akan Banyak yang Mati Mendadak

2- Allah SWT Berfirman bahwa segala sesuatu telah Allah tetapkan yang terbaik untuk hambaNya:

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (22) لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَل مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (23)

“Tidak ada suatu bencanapun yang menimpa di Bumi dan tidak pula pada dirimu sendiri malainkan telah tertulis dalam Kitab (Lauhul Mahfuudz) sebelum Kami menciptakannya. Sungguh, yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. Kami jelaskan yang demikian itu supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu bergembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak Menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,” (QS. Al-Hadid, surah ke-57, ayat 22-23, halaman 540).

3- Allah SWT berfirman menegaskan bahwa Allah itu Maha Lembut pada setiap sesuatu atas hambaNya:

إِنَّ رَبِّي لَطِيفٌ لِمَا يَشَاءُ إِنَّهُ هُوَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ

“Sungguh, Allah Tuhanku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki terhadap hambaNya. Dan sungguh, Dia-lah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,” (QS. Yusuf, surah ke-12, ayat 100, halaman 247).

BACA JUGA: Jangan Salah Tempat Lagi, Ini Pengucapan yang Benar

POINTERS:

1- Jangan pernah berburuk sangka atas apa yang Allah takdirkan. Karena kita tidak tahu mana yang baik dan mana yang membahakan. Terkadang kita tidak suka ternyata itu baik. Tersenyumlah, jangan menggerutu.

2- Yakinlah bahwa semua skenario yang telah dirancang oleh Allah pastilah baik, maka tak perlu takut. Tersenyumlah, jangan menggerutu.

Jika kita tahu bahwa Sang Khalik tak akan pernah menzolimi hamba-Nya, maka tak usah gelisah. Tersenyumlah, jangan menggerutu.

Jika kita paham bahwa hanya Allah Yang Mengetahui apa yang baik untuk kita, maka tak perlu risau, sandarankan dan percayakan semua kepada Allah SWT. Tersenyumlah. Jangan menggerutu.

BACA JUGA: Minimal Lakukan 4 Hal ini Setiap Hari

3- Pahamilah bahwa skenario Allah itu adalah yang paling indah, maka tak usah gundah. Tersenyumlah, jangan menggerutu.

Ketika Allah akan menyelamatkan hambaNya, tak perlu Dia mengungkap rencana-Nya, karena Allah Ingin semua terasa indah pada waktunya.

Allah ingin melihat hamba-Nya gigih dalam menjalani prosesnya. Allah ingin melihat hamba-Nya bercucuran air mata, bersimpuh dalam dzikir kepadaNya.

Kadang pula Allah ingin melihat senyum dan ucapan syukur keluar dari lisan dan hati hamba-Nya saat penyelamatan dan pengabulan doa hambaNya terwujud.

Dia memang Maha Lembut dalam menolong hambaNya, sehingga si hamba sama sekali tidak menyadari pertolongan dan penyelamatan dariNya, kecuali mereka dari hambaNya yang beriman dan pandai mensyukuri pertolonganNya.

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here