Minimal Lakukan 4 Hal ini Setiap Hari

337
Ucapkan salam setiap bertemu seseorang.

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, Ummul Qura University, dan Pembina Alhusniyah Islamic School)

Hidup ini pasti akan berakhir, tiada keraguan sedikitpun. Setelah hidup ini berakhir dengan kematian, kita pun akan ditempatkan ke ruang tunggu yang bernama “BARZAKH” sampai terjadinya Hari Kiamat.

Lalu kita semua dibangkitkan untuk menuju dua pilihan tempat yang kekal, yaitu Surga Al-Firdaus atau Neraka Al-Jahiim. Tentu Surga Al-Firdaus lah yang kita dambakan.

TRUE STORY:

1- Rasulullah ﷺ menegaskan:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: يا ايها الناس افشوا السلام  واطعموا الطعام  وصلوا الارحام  وصلوا بالليل والناس نيام تدخلوا الجنة بسلام.  (رواه ابن ماجة وصححه البانى)

“Wahai Manusia: tebarlah salam, berilah makan, sambungkan Silatur Rahim, dan bangunlah di tengah malam saat orang-orang lain sedang tidur nyenyak, kalian akan masuk Surga dengan damai,” (Hadis Sahih Riwayah Al Imam Ibnu Majah).

BACA JUGA: Islam Anjurkan Bobo-Bobo Siang

2- Untuk menjadi penghuni Surga, minimal harus rajin mengamalkan 4 wasiat Rasulullah ﷺ di atas, dan ini penting sekali untuk hidup damai Dunia dan Akhirat, yaitu:

a. Ucapkan salam damai penuh senyum setiap bertemu orang, yang dikenal maupun yang belum dikenal. Salam dalam Islam “Assalaamu ‘Alaikum….” isinya adalah doa mohon keselamatan, kasih sayang dan keberkahan. Artinya, saling MENDOAKAN.

b. Rajin memberi makanan kepada siapa saja, terutama kepada yang tak berpunya, dan juga memberi makan kepada hewan jinak.

c. Rajin ber Silatur Rahim, memperkokoh persahabatan, persaudaraan dan rajin berkunjung atau dikunjungi. Jauhi permusuhan, adu domba, saling Namiimah dan ghiibah.

d. Rutin bangun tengah malam untuk ber Tahajjud atau Shalat Sunnah lainnya, dan perbanyak istighfar, dzikir dan membaca Al-Quran dengan artinya.

BACA JUGA: Jangan Seenaknya, Al-Fatihah itu Berbeda

POINTERS:

1- Jangan pernah satu haripun berlalu tanpa melakukan ke 4 hal tersebut di atas.

2- Didik Agama anak-anak sebagai pewaris kita sedini mungkin dan ajari mereka membiasakan diri sejak kecil melakukan ke empat tersebut di atas.

Maka, orang tua akan terus ikut meni’mati pahalanya meski telah meninggal, inilah yang disebut “amal jaariyah”. Dan anak-anak pun akan memadamkan siksa di BARZAKH arang tuanya karena doa anak-anaknya.

3- Biasakan setiap hari senyum ramah memberi makanan sekecil apapun, minimal sekotak nasi atau sebungkus mie instant, sebotol air minum atau segelas teh, atau kue kue apa saja kepada pemulung atau tukang kebersihan yang lewat depan rumah. Atau memberi pakaian bekas layak guna.

Yaa Allaah, mudahkan kami semua yang membaca viral ini melakukan apa-apa yang Engkau perintahkan, dan menjauhi apa-apa yang Engkau haramkan. Ampuni dosa-dosa kami. Rahmati dan berkati hidup mati kami yaa Allaah.

Semoga juga Allah SWT senantiasa membimbing kita untuk selalu eling mengingat Allah, bersyukur dan beribadah dengan sebaik-baiknya pada Allah SWT.

اللهم اعنا على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here