Istana Pindah, Pohon Beringinnya Menyusul

PPAD Sumbang Ratusan Ribu Bibit Tanaman untuk IKN.

74

Jakarta, Muslim Obsession – Demi dan atas nama penghijauan di lokasi Ibu Kota Negara (IKN), sejumlah lembaga berkolaborasi menyumbangkan bibit-bibit pohon, di bawah koordinasi Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD).

Ratusan ribu bibit aneka pohon, Senin (21/11/2022), diserahkan kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimulyo mewakili Pemerintah Republik Indonesia.

Para pihak yang bergotong-royong menyumbangkan bibit-bibit pohon itu di antaranya, MIND ID. Mining Industry Indonesia (MIND ID) adalah BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia beranggotakan PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk.

Lembaga lain adalah Indika Group. Indika Group didirikan 1968 merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang media, peralatan, properti, pertambangan, dan infrastruktur. Member Indika Group di antaranya Indika Energy dan Indika Nature.

Pihak yang juga memberikan dukungan adalah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, di bawah Ketua Umum Arsjad Rasjid. Kolaborasi ini juga melibatkan Mabes TNI dan TNI AD.

Serah terima bibit pohon dilakukan di bilangan Jatikarya, Kota Bekasi. Turut menyaksikan moment bersejarah itu antara lain, Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, Danny Amrul Ichdan (Direktur Hubungan Antarlembaga MIND ID), Arsjad Rasjid (Ketua Kadin Indonesia), Azis Armand (Vice President Director and Group CEO Indika Energy), dan Leonardus Herwindo (CEO Indika Nature).

Sementara, Menteri PUPR hadir ke lokasi kebun bibit, didampingi Sekjen Ir. Mohammad Zainal Fatah, dan para Dirjen serta pejabat setingkat eselon I lain. Yang menarik, mereka semua tidak datang sendiri-sendiri, melainkan naik minibus PUPR.

Setiba di lokasi, Doni Monardo langsung mengajak rombongan tour kebun bibit. Doni memperlihatkan 65 jenis pohon yang akan disumbangkan untuk menghijaukan IKN.

Satu per satu dijelaskan oleh Doni, nama pohon, asal-usul pohon, karakter pohon. Bahkan terhadap satu jenis pohon yang dipercaya memiliki khasiat tertentu, atau mitos tertentu. Urusan pohon Doni memang hafal luar kepala.

Di tengah tour, tiba-tiba Menteri Basuki meng-cut. “Sebentar pak Doni. Tadi mana Pak Iwan, yang pakar pohon dari IPB?” Dr Ir Iwan Hilwan pun maju mendekat, “Saya, pak Menteri”.

“Saya mau tanya, jawab dengan jujur. Benar atau tidak, semua penjelasan pak Doni tentang pohon-pohon tadi…,” tanya Menteri Basuki dengen mimik lucu. Anggota rombongan semua tertawa.

Iwan menjawab, “Semua benar, pak Menteri.”

Giliran Menteri Basuki yang tertawa lebar. “Itulah hebatnya pak Doni, meski lulusan Akabri …. Dia bisa hafal betul nama-nama pohon, karakter, bahkan asal-usulnya,” kata Menteri Basuki, disambut tepuk tangan rombongan yang hadir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here