Gus Baha Jelaskan Asal Mula Asyura atau 10 Muharam

196
Gus Baha. (Foto: narasi)

Jakarta, Muslim Obsession – KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menjelaskan tentang awal mula Asyura atau hari ke-10 Muharram dimana umat Islam diperintahkan untuk berpuasa.

Dalam Hadis shahih, Rasulullah SAW bersabda: “Puasa hari Asyura, sungguh aku berharap kepada Allah agar menghapuskan dosa setahun yang telah lalu.” (HR Muslim 1975)

Berikut penjelasan Gus Baha tentang asal mula puasa Asyura dalam sebuah ceramahnya yang diunggah, di media sosial.

Penting untuk diketahui bahwa Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam berpuasa Asyura, itu sangat fair. Artinya, puasa Asyura ini bukanlah atas arahan Malikat Jibril.

Puasa sunnah Asyura ini berawal ketika Nabi Muhammad SAW melihat tetangganya kaum Yahudi (di Madinah) berpuasa pada tanggal 10 Muharram. Lalu beliau bertanya alasan mereka berpuasa pada hari tersebut.

Kaum Yahudi kemudian menjawab bahwa hari ini adalah hari yang istimewa dan momen penting bagi mereka. Pada hari ini (10 Muharram) Nabi Musa ‘alaihissalam diselematkan dari tentara Firaun dan mengalahkan penguasa Mesir tersebut.

Mendengar alasan itu, Nabi kemudian berkata bahwa yang lebih berhak menghormati Nabi Musa itu sebenarnya adalah umat Islam. Sebab, kaum Yahudi dianggap telah menyimpang dari ajaran Nabi Musa. Rasulullah SAW tidak ingin kalau Nabi Musa diklaim milik orang Yahudi.

“Riwayatnya kan jelas, kita lebih berhak memiliki Nabi Musa. Akhirnya umat Islam disunnahkan puasa Asyura,” terang Gus Baha.

Menurut Fathul Muin, kitab yang sering jadi rujukan kalangan pesantren, berhubung orang Yahudi puasa Asyura tanggal 10 Muharram, maka Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam berpuasa sejak tanggal 9 Muharram (Tasu’a) agar berbeda dengan mereka.

Jika pada tanggal 9 terlanjur tidak berpuasa, maka disunnahkan berpuasa pada tanggal 11 Muharram. Karena jika hanya tanggal 10 saja maka akan sama dengan puasanya orang Yahudi.

Demikian sejarah singkat puasa Asyura yang disyariatkan Rasulullah SAW kepada umatnya. Semoga bermanfaat.

Berikut video ceramah Gus Baha tentang asal mula puasa Asyura diunggah Channel “Rindu Surga” 29 Agustus 2020: (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here