Diperingati Setiap 22 April, Bagaimana Sejarah Hari Bumi?

82

Muslim Obsession – Setiap tanggal 22 April, seluruh dunia merayakan Hari Bumi atau Earth Day. Namun, belum banyak yang tahu sejarah tercetusnya peringatan Hari Bumi tersebut.

Tahukah Anda, planet kita adalah tempat yang menakjubkan, tetapi membutuhkan bantuan kita untuk berkembang. Itulah sebabnya setiap tahun pada tanggal 22 April, lebih dari satu miliar orang merayakan Hari Bumi untuk melindungi planet ini dari hal-hal seperti polusi dan penggundulan hutan.

Dengan mengambil bagian dalam aktivitas seperti memungut sampah dan menanam pohon, kita membuat dunia kita menjadi tempat tinggal yang lebih bahagia dan lebih sehat.

Sejarah Hari Bumi

Hari Bumi pertama dirayakan pada tahun 1970, ketika seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin mengorganisir demonstrasi nasional untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan.

Demonstrasi berlangsung di seluruh negeri dan, pada akhir tahun, pemerintah AS telah membentuk Badan Perlindungan Lingkungan. Pada tahun 1990, Hari Bumi adalah acara yang dirayakan oleh lebih dari 140 negara di seluruh dunia.

Mulailah menjaga bumi kita dengan tindakan nyata walau kecil. Di antaranya dengan melakukan hal-hal ini:

Daur Ulang Limbah

Sebuah botol plastik bisa memakan waktu lebih dari 450 tahun untuk terurai di tempat pembuangan sampah. Sebelum membuang sesuatu, pikirkan apakah itu dapat didaur atau tidak.

Jumlah truk sampah yang diisi orang Amerika setiap tahun akan mencapai setengah jalan ke bulan. Tabung kertas toilet, yang terbuat dari karton, membutuhkan waktu dua bulan untuk terurai di tempat pembuangan sampah.

Botol plastik bertahan lebih lama—butuh waktu lebih dari 450 tahun untuk terurai! Tapi alih-alih beralih ke tempat sampah, Anda bisa mengubah barang-barang ini menjadi teleskop yang mengagumkan atau penanaman bunga.

Anda juga dapat membatasi pemborosan dengan mengurangi jumlah barang yang Anda beli. Misalnya, periksa perpustakaan untuk buku yang harus Anda baca sebelum mengunjungi toko.

Menanam Sebuah Pohon

Para peneliti memperkirakan sekitar 15 miliar pohon di dunia ditebang setiap tahun, jadi bantu mengimbangi kerugian itu dengan menanam pohon Anda sendiri.

Pohon menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen bagi manusia untuk bernapas. Mereka juga menyediakan tempat berlindung dan makanan untuk hewan seperti tupai dan burung hantu.

Tergantung di mana pohon ditanam, naungannya bahkan dapat mengurangi kebutuhan AC di bulan-bulan yang lebih panas. Berapa banyak lagi alasan yang Anda butuhkan untuk go green?

Matikan Lampu Saat Siang Hari atau Saat Tidak Diperlukan

Apakah lampu itu benar-benar harus menyala saat matahari padam? Listrik tidak terjadi begitu saja—harus dihasilkan dari benda-benda di sekitar kita.

Sering kali itu berasal dari bahan bakar fosil (seperti batu bara, minyak, atau gas alam) yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Tapi listrik juga bisa dibuat dari sumber terbarukan seperti angin, air, matahari, dan bahkan kotoran gajah! Dari mana pun asalnya, cobalah menghemat energi listrik dengan hanya menggunakan yang Anda butuhkan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here