Demi Hormati Umat Hindu, Umat Islam di India Diminta Tak Kurban Sapi

69

Jakarta, Muslim Obsession – Organisasi Islam utama di India Jamiat Ulama Unit Assam mengimbau umat Islam untuk tidak berkurban sapi pada hari raya Idul Adha. Seruan ini dilakukan agar tidak melukai umat Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan suci.

“Karena kurban adalah bagian penting dari perayaan, hewan selain sapi dapat dikurbankan,” kata kepala unit negara organisasi itu Badruddin Ajmal dilansir dari Deccan Herald, Selasa (5/7/2022).

“Sanatan dharma agama Hindu menghormati sapi sebagai ibu mereka dan memuja mereka. Kita tidak boleh menyakiti perasaan keagamaan mereka,” tambah Ajmal, yang juga ketua partai politik AIUDF.

Menurutnya, pesantren Darul Uloom Deoband telah mengeluarkan imbauan publik pada 2008 untuk tidak menyembelih sapi sebagai bagian dari kurban. Sebab, menurutnya, tidak ada paksaan atau aturan yang menyebutkan berkurban harus dengan seekor sapi.

“Saya mengulangi seruan yang sama dan mendesak rekan-rekan seimannya untuk mengorbankan hewan alternatif dan bukan sapi sehingga sentimen keagamaan mayoritas penduduk di negara ini tidak terluka,” kata anggota parlemen Dhubri.

Hewan-hewan yang boleh dikurbankan antara lain, kerbau, domba, unta, sapi, dan kambing. Namun, karena bagi umat Hindu sapi sangat didewakan, umat Muslim yang tinggal di negara mayoritas Hindu, agar memilih hewan alternatif lain untuk diqurbankan.

“Karena sapi dianggap suci oleh mayoritas orang (Hindu), saya dengan rendah hati mengimbau orang-orang (Muslim) menghindarinya dan mengorbankan hewan alternatif,” katanya. Hari raya Idul Adha atau Bakrid di India kemungkinan akan jatuh pada 10 Juli 2022. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here