Arab Saudi Kepincut jadi Tuan Rumah Piala Asia Sepak Bola Wanita 2026

80

Muslim Obsession – Arab Saudi dan tiga negara lainnya – Australia, Yordania dan Uzbekistan – telah mengajukan Pernyataan Minat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia Wanita 2026, demikian laporan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Senin (1/8/2022).

Jika terpilih, Arab Saudi, yang tim sepak bola wanitanya baru memainkan pertandingan pertamanya pada Februari tahun ini, akan menjadi tuan rumah turnamen resmi wanita internasional pertamanya.

Meskipun reformasi baru-baru ini telah memberi perempuan di Arab Saudi lebih banyak kebebasan, banyak dari hak-hak mereka tetap dibatasi. Wanita Saudi dilarang menghadiri pertandingan di stadion hingga 2017.

Australia terakhir menjadi tuan rumah Piala Asia Wanita pada 2006, sedangkan edisi 2018 dimainkan di Yordania. Uzbekistan belum pernah menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

“AFC sekarang akan bekerja dengan semua Asosiasi Anggota Pelelangan untuk pengiriman dokumentasi penawaran yang diperlukan sesuai dengan proses penawaran dengan keputusan yang akan diselesaikan dan dikomunikasikan pada tahun 2023,” kata AFC.

China mengklaim gelar Piala Asia Wanita kesembilan yang memperpanjang rekor setelah mengalahkan Korea Selatan di final turnamen 2022, yang diselenggarakan oleh India.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here