Anies Ganti Istilah HUT DKI dengan ‘Hajatan’

118
Anies Baswedan meresmikan Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani yang berada di Cakung-Cilincing, Jumat (11/2/2022). (Foto: IG)

Jakarta, Muslim Obsession – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan dirinya memilih kata “hajatan” untuk menganti HUT DKI pada perayaan hari ulang tahun DKI ke-495 yang secara resmi dibuka di Pulau Bidadari, Selasa (24/5).

Dalam perayaan Hajatan DKI ke-495, Anies turut hadir didampingi istrinya, Fery Farharti. Selain itu, turut hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan jajaran kepala dinas.

Dalam kesempatan itu, Anies menjelaskan bahwa pada tahun ini Pemprov DKI memilih kata ‘hajatan’ daripada ‘hari ulang tahun’. Menurut Anies, pemilihan kata ‘hajatan’ lebih menggambarkan suasana Betawi.

“Tahun ini kita mulai gunakan istilah menggantikan nama dari ulang tahun, tapi menjadi Jakarta Hajatan, dan hajatan itu istilah yang sangat Betawi. Ini adalah istilah kita di masyarakat Betawi,” ujar Anies di Pulau Bidadari, Selasa (24/5).

Lebih lanjut, dalam Jakarta Hajatan tahun ini, Pemprov mengusung tema ‘Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi’. Menurutnya, tiga kata itu menggambarkan Jakarta selama ini.

“Apa pentingnya? Kolaborasi kerja sama, kita selama ini kerjakan dengan prinsip kolaborasi, kesetaraan, saling support. Kedua akselerasi, kita ingin melalukan percepatan dalam banyak hal, termasuk di Kepulauan Seribu,” kat Anies.

“Ketiga adalah elevasi, elevated, sesuatu yang berfungsi mengangkat. Kita ingin agar kota kita, masyarakat kita naik derajatnya, naik tingkatnya dalam perannya di dalam membahagiakan warganya dalam memajukan kotanya,” kata dia menambahkan.

Sebelumnya, Sekda DKI Marullah Matali mengatakan rangkaian HUT Jakarta akan dimulai sejak Selasa (24/5) hingga 25 Juni 2022 mendatang. Rangkaian acara itu di antaranya upacara ziarah taman makam pahlawan, Formula E, hingga malam puncak perayaan yang akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS). (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here