Israel Buka Kedutaan Pertama di Teluk

507

Muslim Obsession – Diplomat Israel Yair Lapid membuka kedutaan pertama negara Yahudi di Teluk selama perjalanan ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (29/6/2021) sembilan bulan setelah mereka menandatangani kesepakatan normalisasi.

Dia bertemu dengan mitra Emirat-nya, Sheikh Abdullah bin Zayed Al-Nahyan, di ibukota UEA Abu Dhabi, men-tweet gambar mereka berdua berjabat tangan tak lama setelah pembukaan kedutaan.

Lapid sebelumnya juga men-tweet foto dirinya dan menteri UEA Noura al-Kaabi memotong pita dengan warna biru dan putih dari bendera Israel.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyambut pembukaan itu sebagai peristiwa bersejarah.

“Kunjungan Lapid dan pembukaan kedutaan Israel pertama di negara Teluk penting bagi Israel, UEA, dan wilayah yang lebih luas,” katanya dalam sebuah pernyataan, dilansir Arab News, Rabu (30/6/2021).

Para menteri Israel sebelumnya telah mengunjungi UEA, tetapi Lapid yang baru diangkat menjadi orang Israel paling senior yang melakukan perjalanan, dan yang pertama dalam misi resmi.

“Israel menginginkan perdamaian dengan tetangganya. Dengan semua tetangganya. Kami tidak ke mana-mana. Timur Tengah adalah rumah kami. Kami di sini untuk tinggal. Kami meminta semua negara di kawasan itu untuk mengakui itu. Dan untuk datang bicaralah dengan kami,” ucap Lapid saat upacara pembukaan.

Juru bicara kementerian luar negeri Israel Lior Haiat mengatakan Lapid akan bertemu lima (Emirat) menteri dalam waktu kurang dari 30 jam.

Sejak perjanjian normalisasi yang ditengahi AS ditandatangani September lalu, Israel dan UEA telah menandatangani serangkaian kesepakatan mulai dari pariwisata hingga penerbangan dan layanan keuangan. Dalam kunjungannya, Lapid juga akan meresmikan konsulat di Dubai.

Perjalanan Lapid datang hampir setahun setelah negara-negara itu bergerak untuk menormalkan hubungan, dan itu mengikuti serangkaian kunjungan oleh pejabat Israel yang direncanakan kemudian dibatalkan karena masalah termasuk pandemi Covid dan pertikaian diplomatik.

Pada bulan Maret, kunjungan resmi yang direncanakan oleh Perdana Menteri Israel saat itu Benjamin Netanyahu dibatalkan karena perselisihan dengan Yordania mengenai penggunaan wilayah udaranya, menurut pejabat Israel.

Netanyahu, yang digantikan sebagai perdana menteri oleh nasionalis Yahudi Naftali Bennett dalam pemerintahan koalisi yang dibentuk oleh Lapid beberapa minggu lalu, telah menunda kunjungan Februari ke UEA dan Bahrain karena pembatasan perjalanan akibat virus corona.

Menurut harian Jerusalem Post, Netanyahu berusaha mencegah menteri luar negerinya Gabi Ashkenazi melakukan kunjungan resmi ke UEA, agar dia tidak mencuri perhatian menjelang pemilihan Maret.

Pada Agustus 2020, mantan penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner dan penasihat keamanan nasional Israel Meir Ben-Shabbat membuat sejarah dengan terbang ke Abu Dhabi dengan pesawat El Al dari Israel.

Hal itu digembar-gemborkan oleh kedua belah pihak sebagai terobosan dalam upaya perdamaian di Timur Tengah, ditandai dengan mendaratnya pesawat El Al berhiaskan kata “damai” dalam bahasa Inggris, Arab dan Ibrani.

Kesepakatan normalisasi yang dicapai Israel tahun lalu dengan UEA dan kemudian juga dengan Bahrain, Maroko dan Sudan telah dikutuk oleh Palestina.

Kesepakatan itu memutuskan kebijakan Liga Arab selama bertahun-tahun yang tidak memiliki hubungan dengan Israel sampai membuat perdamaian dengan Palestina. Juga pada hari Selasa, Bahrain menunjuk duta besar pertamanya untuk Israel.

Lapid adalah mantan presenter televisi berhaluan tengah yang dengan gigih menyatukan koalisi baru Israel, mengakhiri masa jabatan Netanyahu selama lebih dari satu dekade sebagai perdana menteri.

Dia telah berusaha untuk melepaskan diri dari kebijakan saingannya, dengan mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintah Netanyahu telah mengambil pertaruhan yang mengerikan dengan hanya berfokus pada hubungan dengan partai Republik di Washington.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here