Rugi! Kalau Tidak Wudhu Sebelum Tidur

115
Wudhu

Muslim Obsession – Islam sangat memperhatikan kebersihan. Salah satunya, pada saat seorang Muslim hendak tidur, ia dianjurkan untuk berwudhu.

Selain untuk menjaga kebersihan diri dari virus dan bakteri, ternyata amalan berwudhu sebelum tidur juga memiliki keutaman lain, yaitu didoakan oleh malaikat.

Sebagaimana dalam Hadits dijelaskan:

“Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap bersamanya. Ia tidak akan bangun sampai Malaikat itu berdoa, “Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci”, (HR. Ibnu Hibban & Ibu Umar r.a).”

Setelah berwudhu, lanjutkan dengan berdoa sebelum tidur, agar terhindar dari segala macam gangguan.

Sebagaimana Aisyah menyampaikan:

“Setiap malam jika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam saat akan tidur, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya. Kemudian meniupkan nafas dari mulutnya dengan sedikit air ludah. Lalu membaca, “Qul huwallahu ahad” (Surah Al-Ikhlas), “Qul a’ûdzubirabbil falaq” (Surah Al-Falaq) dan “Qul a’udzubirabbin nas” (Surah an-Nas). Kemudian mengusapkan kedua tangannya semampunya (yang bisa dijangkau) ke seluruh bagian tubuh. Dimulai dari kepala, wajah dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan hal itu tiga kali”. (HR. Bukhari).”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here