4 Sebab Anak Tidak Mau Curhat kepada Orangtuanya

358
Ilustrasi: Ibu dan Anak.

Muslim Obsession – Tidak jarang orangtua mengeluhkan anaknya yang tertutup alias enggan bercerita atau curhat kepada mereka.

Menurut Ustadz Ratno Abu Muhammad, pakar parenting dan psikologi Islam, ada empat hal yang membuat orang lain tertutup pada diri kita begitu juga membuat seorang anak tertutup pada kedua orangtuanya.

“Yaitu ketika seorang anak bercerita kepada orangtuanya tentang pemikirannya, tentang apa yang dia rasa, kemudian kita langsung menasehati, kemudian kita langsung mengarahkan, atau kita mengkritiknya atau kita menjelekkan apa yang dia usahakan maka otomatis anak kita nanti tidak akan mau bercerita lagi dengan kita,” jelasnya, melalui akun Instagram pribadinya @ratno.abumuhammad, dikutip Senin (4/12/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kasus seperti ini dalam istilah psikologi di Arab adalah mun-gholiq atau ghomid.

“Yakni, seorang anak yang tidak mau bercerita kepada orangtuanya,” ujarnya.

Lalu harus bagaimana?

“Sebelum menjawab itu, coba kita lihat diri kita sendiri. Ketika kita bercerita kepada orang lain, inginnya diapakan? Ketika kita bicara keberhasilan, inginnya dipuji. Ketika kita bicara kesedihan, inginnya dihibur. Ketika kita sekedar cerita, biasanya hanya ingin didengarkan tanpa diberi masukan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here