Sultan Al Neyadi, Astronot Muslim Pertama yang Akan Terbang ke Luar Angkasa

203

Jakarta, Muslim Obsession – Sultan Al Neyadi adalah astronot muslim pertama dari Uni Emirat Arab (UEA) dijadwalkan melakukan perjalanan luar angkasa (spacewalk) di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 28 April mendatang.

Aktivitas ekstravehicular (EVA) akan berlangsung selama 6,5 jam. Sultan Al Neyadi dan rekan kru Stephen Bowen dari NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa) akan mengambil peralatan komunikasi yang disebut unit Grup Frekuensi Radio (RFG) dan akan dikembalikan ke Bumi.

Keduanya juga akan mempersiapkan ISS untuk pemasangan susunan teknologi surya canggih, menurut situs Space, Selasa, 11 April 2023. “Saya sangat menantikan momen bersejarah ini, yang telah saya latih secara ekstensif di Johnson Space Center. Saya mewakili negara saya dan melanjutkan perjalanan luar biasa yang dimulai oleh generasi astronot sebelum saya,” tulis Al Neyadi di Twitter.

Sultan Al Neyadi menghabiskan lebih dari 55 jam di bawah air di Neutral Buoyancy Laboratory NASA di Houston, merupakan replika ISS berukuran penuh yang terendam dalam kolam. Dia berada di bawah air meniru keadaan tanpa bobot, menjadikan lab akuatik ini pusat pelatihan yang ideal untuk astronot yang berjalan di luar angkasa.

Dia dan rekannya diluncurkan dari Kennedy Space Center NASA di Florida pada 2 Maret 2023, sebagai bagian dari misi Crew-6 SpaceX. Al Neyadi akan tetap berada di ISS selama enam bulan sebagai astronot jangka panjang pertama UEA dan astronot kedua secara keseluruhan, melakukan 19 percobaan yang diharapkan mempelajari segala sesuatu mulai dari sakit punggung hingga biologi tumbuhan.

Ini adalah misi yang mengubah hidup Sultan Al Neyadi, yang berbagi kegembiraannya saat dia menerima pin astronot emas NASA di Twitter pada 4 April kemarin.

“Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjadi bagian dari misi bersejarah ini, mewakili negara saya, UEA, dan menerima pin emas astronot NASA. Saya akan mengenakan pin ini sebagai simbol komitmen yang saya buat saat memulai perjalanan ini,” tulisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here