Sebut Partai Ummat Tak Diloloskan KPU, Amien Beri Tiga Tuntutan

98

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, menyebut dirinya mendapat informasi A1 bahwa partainya pada Pemilu 2024 tidak diloloskan oleh KPU untuk bagian dari peserta Pemilu.

“Video ini kami buat setalah mendapatkan informasi A1 yang valid bahwa pada 14 Desember 2022 nanti, seluruh partai baru dan non-parlemen akan diloloskan KPU kecuali Partai Ummat,” kata Amien dalam keterangannya melalui video yang dibagian di akun Instagramnya, Selasa (13/12).

Amien menuding ada kekuatan besar di balik semua itu, yang sengaja menginginkan agar partainya tak diloloskan. Ia pun merasa heran dengan upaya yang dianggap penuh kecurangan.

“Bagi kami, keputusan yang akan dikeluarkan oleh KPU ini sangat bias dan penuh kejanggalan yang tidak masuk akal,” ucap Amien.

“Kita simak di media main stream, adanya dugaan manipulasi oleh KPU untuk meloloskan partai-partai tertentu yang nampaknya atas perintah kekuatan yang besar. Dan satu-satunya yang partai yang disingkirkan Partai Ummat sehingga tidak bisa mengikuti Pemilu 2024,” tutur dia.

Oleh sebab itu, menyikapi masalah ini, Amien Rais menuntut tiga hal kepada KPU.
Berikut tuntutannya:

1. Menuntut agar seluruh hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU terhadap partai-partai baru dan non-parlemen untuk segera diaudit oleh tim independen.

2. Menuntut hasil verifikasi administrasi yang dilakukan KPU juga diaudit secara independen dan dibuka seluas-luasnya kepada publik.

3. Menuntut DKPP atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu untuk segera memeriksa seluruh jajaran KPU pusat terkait dengan adanya dugaan kuat intervensi yang dilakukan oleh KPU pusat kepada KPU provinsi dan KPU daerah terkait dugaan intervensi yang dilakukan kepada KPU provinsi dan di daerah mengabaikan hasil verifikasi faktual dan mengganti serta memberhentikan oknum yang melakukan pelanggaran.

“Pernyataan ini kami buat demi menyelamatkan demokrasi yang sedang sekarat di negeri ini sekaligus kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawasi proses Pemilu 2024,” kata Amien. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here