Prabowo Bakal Berkunjung ke China, Bertemu Xi Jinping

549
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) saat tiba di kantor PWI Pusat di Jakarta, Kamis (4/1/2024). (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

Jakarta, Muslim Obsession – Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, bakal berkunjungan ke China pada 31 Maret-2 April 2024.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian mengatakan bahwa kunjungan Prabowo atas undangan Presiden China Xi Jinping dan keduanya akan mengadakan pembicaraan.

“Prabowo juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang. Mereka akan bertukar pandangan mengenai hubungan bilateral dan isu-isu yang menjadi kepentingan bersama,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/3), dikutip dari Antara.

Lin Jian menambahkan bahwa China dan Indonesia adalah dua negara berkembang yang penting. “Kami berbagi persahabatan tradisional yang mendalam dan kerja sama yang erat dan kuat,” ujarnya.

Siaran pers itu menyebutkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Presiden Xi dan Presiden Joko Widodo, hubungan bilateral kedua negara telah mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat dan memasuki tahap baru dalam membangun komunitas demi masa depan bersama.

Menurut Lin Jian, kunjungan Prabowo ke China akan menjadi kunjungan luar negeri pertamanya sebagai presiden terpilih dan hal itu menunjukkan kuatnya hubungan China-Indonesia.

“Kunjungan tersebut merupakan peluang besar untuk terus meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif, dan menyinergikan strategi pembangunan dengan lebih baik guna memberikan contoh yang baik tentang negara-negara berkembang yang merangkul masa depan bersama,” katanya.

Lin Jian menambahkan bahwa kunjungan itu juga memberi kesempatan bagi kedua negara untuk bekerja dalam solidaritas untuk pembangunan bersama.

Rencana lawatan ke China ini menjadi kunjungan luar negeri pertama Prabowo setelah menang Pilpres 2024. Prabowo juga telah mendapat ucapan selamat dari sejumlah pimpinan negara lain.

Salah satunya dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Mereka berdua saling berbincang melalui sambungan telepon dan berencana untuk bertemu tatap muka.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here