MUI Babel Akan Jadi Tuan Rumah Kongres Halal Internasional 2022

425

Muslim Obsession – Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bangka Belitung (MUI Babel) sedang mematangkan persiapan menjadi tuan rumah Kongres Halal Internasional mulai 21 sampai 25 Maret 2022.

“Kami sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk menyukseskan Kongres Halal Internasional 2022 yang akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Sekretaris Umum MUI Babel, Ahmad Luthfi, Kamis (24/2) di Sungailiat, Bangka Belitung, dilansir mui.or.id.

Menurutnya, Kongres Halal Internasional diikuti 50 negara yang terdiri dari Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan sejumlah negara tetangga dengan jumlah peserta mencapai 500 orang. Semua peserta akan mengikuti secara online dan offline karena kondisi Covid-19 belum mereda.

“Kami terpaksa membatasi jumlah peserta dari berbagai negara karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum cukup aman. Peserta ainnya dapat mengikuti pelaksanaan kongres ini secara daring,” ujarnya.

Menurut dia, Kongres Halal Internasional 2022 akan menjadi momentum penting bagi daerah di Babel. Terlebih, babel saat ini begitu semangat menggiatkan pariwisata halal dan pameran produk halal unggulan.

Pasca kongres, para peserta akan diajak mengunjungi berbagai daerah di Babel. Peserta diajak melihat wisata halal dan produk halal di Babel.

“Pelaku UMKM diberikan kesempatan memaparkan produk olahan halal di depan peserta kongres,” ujarnya.

Dia mengatakan, Kongres Halal 2022 di Babel ini didukung LPPOM MUI, Perbankan Syariah, dan Organisasi Islam tingkat pusat.

“Saya mengajak masyarakat Babel khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk mendukung pelaksanaan kongres Halal Internasional 2022,” ujarnya pasca pertemuan dengan Bupati Bangka, Mulkan.

Bupati Bangka, Mulkan, menyampaikan bahwa Kongres Halal Internasional 2022 di Babel ini menjadi momentum promosi produk halal lokal ke level internasional.

Tanpa harus berkunjung ke negara lain, menurut dia, UMKM lokal bisa langsung mempromosikan ke peserta internasional.

“Saya berharap, peserta yang berkunjung ke daerah kami dapat mempromosikan keindahan wisata daerah ini ke masyarakat di daerahnya atau negara asalnya,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here