Menkes Sebut Jumlah Dokter di Singapura Lebih Banyak dari Indonesia

52

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan jumlah dokter di Indonesia masih jauh dari kata kurang. Mengacu pada standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jumlah dokter yang ideal adalah 1 per seribu penduduk.

“Kita dokter spesialis kurang, perdebatan banyak, dibilang pak perbandingan dokter 1 berbanding seribu itu tidak ada basisnya,” kata Menkes dalam konferensi pers, Kamis (5/1/2023).

“Tapi saya cek WHO semua laporannya 1 per seribu. Saya ketemu ‘ikatan dokter indonesia’ Singapura, saya tanya dokternya berapa? Dijawab 14 ribu 15 ribu, penduduknya berapa? 5 juta, oh saya bilang udah banyak ya, (3 per seribu penduduk). Ternyata mereka masih mau meningkatkan lagi, bilang maunya empat per seribu,” terang dia.

Menurut Menkes Budi, kondisi tersebut sangat berbanding terbalik dengan yang terjadi di Indonesia. Ia mengungkapkan jika produksi dokter masih dilakukan sesuai dengan ‘aturan lama’, mungkin butuh waktu sampai 13 tahun agar bisa mencapai 270 ribu dokter untuk 270 juta penduduk di Indonesia.

Melihat kondisi saat ini, Menkes mengatakan tidak heran jika banyak masyarakat yang memiliki mencari pengobatan hingga keluar negeri. Sementara, produksi dokter di Indonesia adalah 12 ribu per tahun.

“Kata-kata itu keluar dari ketua ‘IDI’ Singapura, saya bilang empat per seribu kenapa? Iya saya malu kan Indonesia 0,5 per seribu, jadi sangat kurang. Sekarang sih yang praktik saya dengar ada 120 ribu, yang benar-benar praktik,” lanjut dia.

“Itu membuat banyak masyarakat Indonesia kemudian harus ke Malaysia, Singapura, karena nggak ada dokternya. Banyak dokter harus praktik sampai malam, banyak pasien yang konsul cuma bisa 5-6 menit itu karena nggak ada dokternya,” sambung Menkes Budi.

Dalam pemaparannya, Menkes Budi mengatakan jumlah dokter spesialis jauh lebih memprihatinkan. Dari 90 fakultas kedokteran yang ada di Indonesia, hanya 20 di antaranya yang bisa menghasilkan dokter-dokter spesialis. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here