Masjid Faisal Akan Direnovasi Setelah Puluhan Tahun

485

Muslim Obsession – Sesuai laporan baru-baru ini, Pemerintah Arab Saudi tertarik untuk merenovasi dan membangun masjid di ibu kota Pakistan – Islamabad.

Sebuah Memorandum yang ditandatangani antara Kedutaan Besar Arab Saudi dan Kementerian Dalam Negeri Pakistan dan Capital Development Authority (CDA) menyatakan bahwa pemerintah Saudi akan membangun masjid di Universitas Islam Internasional di Islamabad.

Universitas Islam Internasional di Islamabad adalah universitas negeri yang menawarkan pendidikan Islam dan modern dan bertanggung jawab atas administrasi masjid dan hal-hal terkait.

Presiden IIUI Dr. Hathal Homoud Alotaibi, yang merupakan warga negara Saudi, mengungkapkan dalam suratnya kepada Ketua Hakim Pakistan Qazi Faez Isa November lalu bahwa pemerintah Saudi telah mengalokasikan $32 juta untuk pembangunan masjid.

Presiden mengapresiasi upaya Pemerintah Saudi dan lebih lanjut menyatakan bahwa masjid akan menjadi simbol hubungan persaudaraan kedua negara.

Selain itu juga disebutkan bahwa renovasi Masjid Faisal akan segera dimulai di Islamabad dari dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Saudi.

Masjid Faisal yang mampu menampung hingga 300.000 jamaah ini memiliki beberapa kendala seperti kondisi halaman, toilet, AC, dan kelistrikan yang buruk. Masjid juga memerlukan lift untuk menambah keindahan dan keanggunannya.

Duta Besar Saudi Nawaf bin Said Al-Malki dan Menteri Agama sementara Tariq Fazal Chaudhry mengunjungi masjid tersebut pada hari Jumat dan mendiskusikan rencana renovasi dengan pejabat CDA dan manajemen masjid.

Utusan Saudi juga bertemu dengan Gohar Ijaz, seorang pengusaha dan dermawan terkemuka, yang menghubunginya setelah dia melaksanakan shalat Jumat di masjid tersebut dan mencatat adanya kebutuhan mendesak untuk perbaikan.

CDA yang bertanggung jawab atas urusan masjid tidak dapat memelihara masjid dengan baik karena kurangnya dana dan sumber daya.

Pejabat CDA mengatakan mereka telah melakukan perbaikan skala kecil di masjid tersebut dengan dana mereka sendiri dan dana pemerintah federal, yang tidak cukup untuk memeliharanya dengan baik.

Mereka mengatakan total biaya renovasi masjid adalah $45 juta, dimana pemerintah Saudi akan membayar $28 juta.

Para pejabat CDA mengapresiasi pemerintah Saudi dan minat mereka dalam merenovasi masjid, yang menurut mereka merupakan tanda persahabatan dan kerja sama yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here