Masihkah Al-Quran Bersama Kita?

776

Lima Keutamaan Membaca Al-Quran

Sebagai kitab dengan beragam pengetahuan, Al-Quran menarik perhatian banyak kalangan, baik muslim maupun nonmuslim. Di sisi lain, membaca Al-Quran memberikan keutamaan yang begitu besar bagi pembacanya. Boleh jadi, karena ketidaktahuan akan keutamaan membaca Al-Quran, kita cenderung malas membacanya.

Atau kita tidak pernah punya waktu untuk membacanya. Padahal, membaca Al-Quran mendatangkan kebaikan. Firman Allah Swt.: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri,” (QS. Fathir: 29-30).

Paling tidak ada lima keutamaan yang bisa kita raih dengan membaca Al-Quran. Paparan di bawah ini semoga dapat menggugah semangat kita untuk kembali semangat membacanya dan menjadikannya sebagai sahabat terdekat dalam kehidupan.

Pertama, dengan membaca Al-Quran, hidup seseorang akan terarah dengan lurus, karena Al-Quran merupakan cahaya dalam kehidupan. Tentu tidak hanya membacanya tapi juga menjadikannya sebagai pedoman hidup. Firman Allah Swt.: “Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al-Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al-Kitab (Al-Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al-Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus,” (QS. Asy- Syu’ara: 52).

Kedua, dengan membaca Al-Quran kita dijanjikan mendapatkan pahala yang sangat banyak, di mana satu huruf diberi balasan dengan sepuluh kebajikan. Terkait hal ini, sebuah hadits yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi memberikan keterangan: “Abdullah bin Mas’ud RA berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan ‘Alif Lam Mim’ satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf,” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Berdasarkan hadits di atas, bisa dibayangkan berapa pahala kebaikan yang akan diperoleh jika kita mengkhatamkan Al-Quran. Jika di dalam Al-Quran terdapat 325.015 huruf, maka sekali saja mengkhatamkannya, kita akan memperoleh nilai pahala kebaikan sepuluh kali lipat, yakni 3.250.150. Subhanallah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here