Kopi Sehat UBM: Masjid untuk Umat

68

Oleh: Ustadz Buchory Muslim (Dai Nasional Parmusi, Politisi Partai Ummat, Aktivis Islam & Advokat Muslim)

ALHAMDULILLÂH Shubuh Jumat hari ini memberikan kuliah Shubuh di Masjid Besar Al-Furqon Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Masjid besar yang megah dan sarana serta fasilitasnya begitu lengkap.

Mulai dari suasana yang indah dan syahdu, ada ATM beras untuk fakir miskin, Masjid yang ramah dan peduli Ibu dan anak, dengan disediakan ruang ganti khusus berikut tempat main dan hiburan.

Untuk anak muda millenial, ada wifi 24 jam, ada tempat spesial buat barang tertinggal, ada parfum gratis yang selalu tersedia dan banyak lagi lain.

Jangan ditanya lagi soal imam dan muadzinnya, belum lagi jamaah binaan dari kalangan dhuafa dan anak yatim yang setiap bulan dapat santunan sekitar Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah) dan pada momen tertentu mencapai Rp.750.000 hingga Rp.1 juta.

Masjid yang diketuai oleh H. Muhrizal, Pensiunan Guru dan Datuak Ketua Ikatan Keluarga Minang di Tanjung Pinang ini, terletak di Komplek Asrama Hajji Tanjung Pinang Kepulauan Riau dan menyediakan kotak amal yang terpisah untuk Masjid, anak yatim dan beras buat fakir miskin, mâsya Allâh!

Saya teringat cerita sahabat saya, KH. Drs. Ahmad Yani, seorang dai Nasional yang banyak menulis tentang Manajemen Masjid, bahwa beliau menulis:

“Suatu ketika dalam ceramah soal masjid, saya membahas soal keuangan. Saya bilang: “Masjid itu duitnya harus banyak, tapi saldonya jangan banyak-banyak. Gunakan uang masjid untuk segala keperluan masjid dengan segala program dan aktivitasnya, karenanya saya tidak bangga bila hari Jumat diumumkan keuangan masjid yang saldonya banyak hingga 100 atau 200 juta, bahkan 1 milyar lebih hingga ada yang 2 milyar. Saya khawatir masjid ini tidak berkembang aktivitasnya karena duitnya masih banyak”.

Dengan nada tinggi saya kemudian mengatakan: “Buat apa duit masjid disimpan banyak-banyak?”

Tiba-tiba, seorang jamaah nyeletuk dengan suara cukup keras: “Buat diumumkan, Ustadz”.

Semoga masjid-masjid lainnya dapat meniru dan mengembangkan myang lebih baik dan hebat lagi untuk kesejahteraan umat di dunia dan akhirat, insya Allâh. Aamiin Yaa Rabbanâ…

والله اعلم وبارك الله فيكم

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here