Khawatir Bakteri Salmonella, Turki Tarik Kinder Joy dari Pasaran

91

Muslim Obsession – Kementerian Pertanian dan Kehutanan Turki mengumumkan pada Kamis (21/4/2022) bahwa Schoko Bons, produk cokelat dari merek Kinder, akan ditarik sebagian, setelah laporan wabah salmonella pada telur Kinder Surprise yang diproduksi di Eropa.

Penarikan kembali melibatkan dua pengiriman telur cokelat kecil dan hanya yang memiliki tanggal kedaluwarsa 8 Juli 2022, dan 15 Juli 2022.

Dilansir Daily Sabah, Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa salmonella belum ditemukan dalam produk Kinder di Turki sejauh ini dan bahwa mereka memantau proses dengan cermat dan menjalankan inspeksi yang diperlukan terhadap produk impor. Kementerian mengatakan penarikan itu diperintahkan setelah “pembaruan situasi di Eropa” oleh Uni Eropa.

Kementerian dan Ferrero Turki, yang mengimpor telur plastik berlapis cokelat, sebelumnya telah mengumumkan bahwa sejauh ini tidak ada risiko dalam impor dari Eropa, tetapi produk tersebut akan menjalani pemeriksaan ketat.

Menurut sebuah dokumen tertanggal 15 April dan dipublikasikan pada hari Selasa, kementerian memerintahkan cabang-cabangnya yang bertugas memeriksa impor makanan untuk menjalankan analisis salmonella untuk semua produk yang terkait dengan telur Kinder, terlepas dari sumber impor atau pabrik tempat mereka diproduksi.

Sebelumnya, Ferrero Turkey, importir telur Surprise, telah membuat pernyataan bahwa hanya satu model telur, Surprise Maxi, yang diimpor dari pabrik Belgia dari perusahaan tempat asal kasus salmonella.

Pernyataan itu juga mengatakan telur yang saat ini dijual di pasar Turki tidak diproduksi pada tanggal yang terkait dengan kasus salmonella tetapi mereka akan menarik telur yang diproduksi di Belgia sebagai tindakan keamanan.

Kementerian telah mengeluarkan pernyataan serupa, mengatakan bahwa tidak ada impor dari batch telur kejutan yang terkontaminasi salmonella yang dikirim ke Turki.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here