Kemenag Kembali Salurkan Bantuan untuk Penyintas Gempa Cianjur

35
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin serahkan bantuan untuk penyintas gempa Cianjur, Rabu (11/1/2023). (Foto: kemenag)

Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Agama menyalurkan bantuan sebesar Rp3 miliar untuk penyintas gempa Cianjur. Bantuan diberikan secara simbolik oleh Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin kepada sembilan Ormas Islam di kantor pusat Kemenag, Jl. MH. Thamrin 6, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2023).

Ormas Islam dimaksud adalah Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) Jabar, PW Muhammadiyah Jabar, PW Persatuan Islam (Persis), PW Persatuan Umat Islam (PUI), dan Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) NU. Kemudian PW Gerakan Pemuda (GP) Ansor, PW Pemuda Muhammadiyah, PW Pemuda Persis, dan Pengurus Cabang GP Ansor Cianjur.

Sebelumnya, bertepatan dengan peluncuran rangkaian kegiatan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama, Menag Yaqut juga telah menyalurkan bantuan ASN Kemenag senilai Rp34,7 miliar untuk penyintas gempa Cianjur.

“Ini merupakan ikhtiar kita dalam mengabdi kepada umat, masyarakat, bangsa, dan negara terutama bagi warga Cianjur. Apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan semoga membantu meringankan beban warga yang sedang menerima ujian,” ungkap Kamaruddin, mengutip Kemenag, Kamis (12/1/2023).

Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini menambahkan, bantuan diberikan melalui Ormas Islam lantaran peran nyata mereka dalam membantu terdampak gempa Cianjur. Kamaruddin juga mengapresiasi peran Ormas Islam dalam upaya menjaga keutuhan bangsa.

“Ormas Islam menjadi bagian fundamental dalam upaya cepat tanggap membantu warga Cianjur. Ormas Keagamaan merupakan mitra strategis pemerintah yang sangat penting. Negara merasa sangat berterima kasih atas kerja sama yang selama ini terbangun,” tandasnya.

Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi menambahkan, penyaluran bantuan melalui Ormas Islam diharapkan lebih efektif dalam menjangkau penyintas gempa. Pria yang pernah meninjau langsung lokasi gempa Cianjur ini berharap masyarakat segera bangkit melanjutkan kehidupannya.

“Kami meninjau langsung dan menyaksikan dampak kerusakan yang sangat luar biasa. Kehadiran Ormas Keagamaan dengan bahasa agama di tengah masyarakat diharapkan membawa kesejukan dan optimisme pasca bencana bagi penyintas gempa,” harapnya.

Hadir, Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Jabar, Ohan Burhan, pejabat eselon III dan IV Direktorat Penerangan Islam, dan perwakilan Ormas Islam penerima bantuan. Bantuan akan disalurkan kepada penyintas dalam bentuk kebutuhan sehari-hari, pembangunan fasilitas ibadah, dan hunian sementara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here