Jusuf Kalla Ingatkan PITI untuk Berkontribusi Terbaik Bagi Masyarakat

502
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) H.M Jusuf Kalla. (Foto: republika)

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) H.M Jusuf Kalla mengingatkan agar pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) memberikan yang terbaik kepada anggotanya dan masyarakat baik di bidang dakwah maupun sosial.

Demikian disampaikan Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan periode 2014-2019 itu saat memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus PITI Periode 2022-2027 di Gedung DMI, Jakarta, Sabtu (29/10).

“Terutama menjaga persatuan Indonesia dan memberikan motivasi bagi kebaikan. Karena pengurus itu intinya adalah pengabdian,” ujar JK dalam sambutan yang disampaikan melalui video itu.

Menurutnya, kiprah PITI juga harus diarahkan kepada upaya mendorong semangat kemajuan dan persatuan bangsa. Terlebih bagi pengurus PITI yang disebutnya sebagai penggerak kemajuan bangsa.

BACA JUGA: Ini Pesan Ketua Umum PITI Untuk Pengurus PITI

Pembina PITI Komjen (Purn) Syafruddin. (Foto: istimewa)

“Pengurus adalah pengabdian, jadi harus mendorong semangat kemajuan bangsa ini serta menjaga persatuan,” ujar JK seraya mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh pengurus PITI yang baru dilantik.

Ucapan selamat atas pelantikan Pengurus PITI 2022-2027 ini juga disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui video.

Sementara itu, Pembina PITI Komjen (Purn) Syafruddin dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya kepada PITI yang telah berkiprah, bahkan sebelum Republik Indonesia lahir.

Oleh karenanya ia berharap jangan ada lagi orang yang merasa paling memiliki Indonesia.

“Mari kita hindari sekat-sekat. Sebab semua punya kontribusi dalam perjalanan sejarah Indonesia. Karena itu tidak ada lagi saling klaim yang memunculkan polarisasi. Tidak boleh ada lagi istilah asing, aseng, cebong, kadrun,” tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti Baksos Imlek Nasional, Bentuk Kepedulian PITI kepada Sesama

Pengurus PITI Periode 2022-2027.

Syafruddin mengajak bangsa Indonesia bersyukur karena di negara yang beragam suku dan agamanya tapi tetap satu negaranya yaitu Indonesia.

“Berbeda situasinya dengan di Arab. Satu sukunya, satu bahasanya, tapi negaranya ada kurang lebih 17 negara,” kilahnya.

Karena itu, mantan Wakapolri ini mengajak semua pihak untuk melihat Indonesia sebagai sebuah perahu besar.

“Indonesia ibarat kapal besar dan semua berhak ikut di dalamnya. Apalagi kita sedang menuju Indonesia Emas tahun 2045,” ajaknya.

Lebih lanjut ia menyebutkan pelantikan pengurus PITI ini bertepatan momentumnya dengan Hari Sumpah Pemuda dan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW. “Insya Allah dengan pelantikan PITI bertepatan dengan dua momentum itu PITI dapat barokahnya,” ucapnya.

BACA JUGA: Kiprah PITI dalam Konteks Kekinian: Menjaga Ukhuwah, Merawat NKRI

Ketua Umum PITI Periode 2022-2027, Dr. H. Serian Wijatno, SE, MM, MH. (Foto: istimewa)

Sedangkan Ketua Umum PITI Periode 2022-2027, Dr. H. Serian Wijatno, SE, MM, MH dalam pidato sambutannya mengatakan kepengurusan PITI hasil Muktamar tahun ini adalah untuk melanjutkan roda kepengurusan PITI.

Hal ini merupakan ikhtiar untuk melaksanakan perjuangan mewujudkan Islam yang rahmatan lil ‘alamiin dalam NKRI yang berlandaskan Pancasila.

“Karenanya saya berpesan kepada pengurus yang dilantik kiranya agar serius dan berkomitmen untuk menjalankan tugas dan peran sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan berdasarkan visi dan misi,” ucapnya.

Serian yang juga mantan atlet nasional bulutangkis ini menaruh harapan besar untuk menjadikan organisasi ini maju dan berkembang serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya umat Islam dari kalangan Tionghoa.

“Pengurus PITI dituntut untuk lebih produktif, lebih inovatif dan lebih energik. Mari bekerjalah dengan penuh keseriusan, keikhlasan, kesabaran dan semangat,” ajak Serian kepada para pengurus PITI. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here