Istri Ungkap Kebiasaan Tjahjo: Sering Tahajud dan Dengar Alunan Ayat Al-Quran

171

Jakarta, Muslim Obsession – Kepergian Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo membawa duka yang mendalam bagi keluarga kerabat dan teman teman-temannya.

Istri almarhum Tjahjo, Erni Guntarti menjadi orang yang sangat sedih atas meninggalnya almarhum. Ia mengenang mendiang suami adalah sosok yang bersahaja dan tidak pernah melarang-larang sang istri untuk bekerja.

“Bapak sih selalu mendukung apapun yang saya kerjakan. Karena apa yang saya kerjakan, sebagai dokter waktu itu di klinik DPR, bapak gak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi gak harus dirumah,” kenang Erni usai prosesi pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7).

Pesan almarhum, kata Erni, yang paling diingat yaitu inginan meninggal dunia saat menjalankan tugasnya.

“Gak ada sih (pesan khusus), yang saya ingat bapak ingin meninggal dalam tugas. Itu aja,” ucap Erni.

Erni tak memungkiri, dalam beberapa bulan terakhir ada kebiasaan baru sebelum sang suami wafat. Mantan Mendagri itu selalu mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an hingga ia tidur menutup lelah setelah beraktivitas.

“Kebiasaan baru bapak maksud saya. Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampe pagi. Itu terakhir yang saya ingat,” urai Erni menandaskan.

Seperti diberitakan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, di RS Abdi Waluyo Jakarta, pukul 11.00 WIB, Jum’at (1/7).

Mantan Mendagri itu sempat menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir, karena mengalami infeksi paru-paru. Jenazah Tjahjo Kumolo kini telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here