Hiasan Kubah Masjid dari Emas 2,6 Kg di Maluku Digondol Maling

507

Jakarta, Muslim Obsession – Warga Desa Kayeli, Kabupaten Buru, Maluku dikejutkan dengan hilangnya hiasan berbentuk lafaz Allah yang berada di atas kubah Masjid Al Huda. Pasalnya hiasan lafaz Allah itu terbuat dari lapisan emas seberat seberat 2,6 kilogram dan bernilai sekitar Rp 3 miliar.

Kepala Desa Kayeli Fandi Ashari Wael mengungkapkan, hiasan kubah yang kerap disebut sebagai tiang Alif tersebut sudah terpasang sejak kurang lebih sembilan tahun lalu.

Hiasan kubah itu didesain oleh perajin emas yang didatangkan secara khusus. Kemudian hiasan itu dipasang dalam sebuah upacara keagamaan. “Itu sudah dipasang sejak tahun 2015,” kata Fandi, saat, Selasa (5/3/2024).

Fandi mengakui hiasan tersebut bernilai dan menjadi kebanggaan warga setempat. “Itu (hiasan dilapisi emas) beratnya 2,6 kilogram,” katanya. Hasil patungan Lihat Foto Warga setempat merasa geram dan sedih atas hilangnya hiasan kubah itu.

Sebab warga dan penambang di Gunung Botak sebelumnya telah berpatungan demi membuat hiasan kubah masjid tersebut. “Jadi dulu awalnya tahun 2013-2014 itu semua masyarakat dan penambang yang ada di Gunung Botak kumpul (mengumpulkan) emas (untuk hiasan),” kata dia.

Fandi pun mengungkap kekecewaan warga. “Kami semua terkejut dan merasa sedih sekali,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here