Haji Bagi Orang Madura

491

Sebelum Berangkat

Orang akan naik haji akan melalui banyak proses dan ritual. Mulai dari melakukan slamatan, dimandikan hingga ada pelepasan tertentu dengan cara diantarkan ke bis di pusat perkotaan.

Musim haji seperti sekarang, jangan terkejut bila ke Madura menemukan iring iringan panjang disertai dengan sepeda berknalpot telo dan bunyi bunyian dari pengeras suara di atas mobil pick up: itu pertanda orang sedang naik haji.

Orang yang naik haji sudah diikhlaskan oleh keluarganya. Keluarga melepas seperti dengan tangis. Seakan akan tidak akan bertemu lagi.

Orang Madura juga menitipkan agar disebut di Mekkah dan di doakan agar sampai juga ke tanah suci. Hanya karena doa dan panggilan Allah, orang orang bisa mampu melaksanakan haji.

Ritual lainnya adalah dengan slametan. sebagaiman dalam banyak slametan, sebelum berangkat orang orang Madura juga mengundang tetangga dan handai taulan. Membacakan doa dan memberikan berkat. Berkat-berkat yang diberikan sebagai benda untuk shodaqah. Terdapat kepercayaan, orang yang shodaqah hidupnya akan selamat.

Satu minggu sebelum berangkat, orang yang naik haji akan dimandikan di taneyan (halaman). Ada bacaan tertentu dari kiai yang memandikan. Perihal dimandikan ini, kini tak hanya untuk naik haji semata.

1
2
3
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here