Haji 2024: Saudi Hapus Syarat Vaksin dan PCR

871
Seorang jamaah haji melakukan test PCR di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang, Banten, Jumat (03/06/2022). (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Arab Saudi mengumumkan bahwa pendaftaran haji 2024 diluncurkan tanpa syarat vaksin COVID-19 atau tes PCR.

Umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haji 2024 kini bisa mengajukannya tanpa menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19.

Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa COVID-19 bukan lagi darurat kesehatan global dan perjalanan internasional tidak memerlukan bukti vaksinasi.

Hal ini dibenarkan oleh otoritas kesehatan yang meminta bank penerima permohonan haji berhenti meminta sertifikat vaksin COVID-19 kepada pemohon.

Mereka mengatakan, soal vaksinasi COVID-19 akan dibahas kemudian, setelah seleksi dan konfirmasi jamaah, sesuai instruksi Arab Saudi.

Dilansir The Islamic Information, Jumat (8/12/2023) Otoritas kesehatan juga merilis pedoman baru untuk perjalanan internasional dan jamaah haji, yang menyatakan:

“Seorang peziarah tidak perlu memiliki laporan PCR negatif COVID-19 sebelum naik ke pesawat atau pada saat kedatangan. Anda tidak perlu menjalani pemeriksaan COVID-19 di bandara kecuali Anda menunjukkan gejala.”

Seseorang harus mengikuti langkah-langkah pencegahan dan pengendalian infeksi di pintu masuk untuk menghindari penyebaran virus.
Kebijakan-kebijakan ini, sesuai laporan, berlaku segera hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Setiap perubahan dalam kebijakan akan diperbarui jika diperlukan, sesuai dengan otoritas kesehatan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here