Gus Mus Jelaskan Alasan Pentingnya Hindari Barang Syubhat

148

Jakarta, Muslim Obsession – Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A Musthofa Bisri (Gus Mus) meminta kepada masyarakat khususnya umat Islam untuk menghindari barang syuhbat. Karena barang syuhbat ini masuk dalam sesuatu yang tidak jelas berada antara yang halal dan yang haram.

“Di dalam Hadits dari Nu’man bin Basyir menceritakan dawuh-nya Rasulullah Muhammad saw bahwa yang halal itu jelas seperti ayam, kambing, dan sapi. Kemudian yang haram juga jelas seperti babi, khamr, dan riba,” ujar Gus Mus dalam tayangan YouTube NU Online, Ahad (9/10/2022) dilihat pada Senin (10/10) malam.

“Ada juga yang di antara keduanya. yakni antara halal dan haram. Bagaimana sikap kita untuk hal-hal syubhat seperti itu? Jika kita ingin bersih tidak ternoda apa-apa, jauhi hal yang tidak jelas itu,” sambung Gus Mus dalam video berjudul Perkara Halal, Haram, dan Syubhat Harus Diperhatikan itu.

Menurut Gus Mus, orang-orang yang menghindari sesuatu hal yang syubhat dinamakan dengan wirai. Misalnya, orang yang merawat kambing kemudian memberi makan di dekat tempat cagar alam itu tidak menjadi masalah.

“Karena masih boleh dilakukan, itu bukan milik pemerintah. Tapi bisa saja kambingnya nanti akan masuk ke tempat cagar alam. Oleh karena itu, lebih baik untuk tidak dilakukan,” tuturnya. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here