Gereja Berusia 1,5 Abad Disulap jadi Masjid Cantik

168

Muslim Obsession – Sebuah bangunan gereja berlantai satu dari batu yang dibangun sekitar tahun 1870 telah diubah menjadi masjid baru setelah renovasi besar-besaran setelah puluhan tahun tidak digunakan.

Masjid-e-Taqwa baru di Pleckgate Road, Blackburn, menjadi tuan rumah shalat pertama minggu ini di gedung yang merupakan rumah bagi Gereja St Chad.

“Kami mencoba mempertahankan fitur asli bangunan dan berusaha memasukkannya ke dalam desain baru,” kata juru bicara masjid, dikutip dari Lancashire Telegraph, Senin (22/5/2023).

Terutama di dalam aula doa, balok kayu menjadi fitur yang paling menentukan.

Hal ini telah dipuji oleh siapa saja yang telah mengunjungi masjid baik Muslim maupun non-Muslim.

Pintu dan gapura juga merupakan sesuatu yang membantu memberi masjid karakter uniknya sendiri.

“Kami mengundang orang-orang yang tinggal di daerah tersebut untuk melihat sendiri transformasi tersebut dan kami senang mendengar komentar mereka.”

Masjid baru menampung 180 jamaah dan termasuk ruang shalat lebih dari dua lantai dan area untuk menyelesaikan wudhu.

Di luar masjid, tempat parkir mobil baru, pencahayaan, dan fitur lansekap telah menghidupkan kembali bangunan tersebut.

“Ini adalah bangunan yang benar-benar berkualitas tinggi sekarang dan mereka telah benar-benar meningkatkannya dari sebelumnya,” kata seorang penduduk setempat, Brian, yang mengunjungi masjid tersebut.

“Itu indah. Saya belum pernah melihat yang seperti ini.”

Pemimpin Blackburn dengan Darwen Council Cllr Phil Riley mengunjungi masjid baru-baru ini, memuji renovasi masjid yang mengesankan.

“Bangunan yang luar biasa dan penghargaan atas upaya yang telah dilakukan semua orang,” katanya.

“Ini adalah bangunan semi-terlantar untuk jangka waktu tertentu dan sekarang menjadi bangunan yang benar-benar indah. Pekerjaan telah dilakukan ke tingkat yang tinggi. Ini benar-benar merupakan tambahan yang mengesankan bagi komunitas lokal.”

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here