Contoh Doa Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia

210
Siswa-siswa SMK Negeri 1 Kota Magelang melaksanakan upacara bendera pada 17 Agustus 2020. (Foto: SMKN 1 Magelang)

Muslim Obsession – Esok tepat pada tanggal 17 Agustus 2022, seluruh rakyat di Tanah Air akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingatinya adalah dengan melaksanakan Upacara Bendera, yang umumnya diikuti seluruh lapisan masyarakat.

Berikut ini adalah contoh doa yang dapat dibacakan di akhir upacara sebagai bentuk syukur atas kemerdekaan yang berhasil diraih.

Doa ini juga dipanjatkan untuk mendoakan jasa para pahlawan yang berjuang meraih kemerdekaan Indonesia, serta harapan agar Indonesia menjadi negeri yang diridhai Allah Ta’ala, menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Berikut ini contoh doanya:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

بسم الله الرحمن الرحيم

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا شَاكِرِيْنَ حَمْدًا نَاعِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

 

Dengan menyebut nama-Mu Yaa Allah, Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji untuk-Mu, Tuhan semesta alam. Engkau tempat kami meminta, Engkau tempat kami memohon.

Di hari yang berbahagia ini, kami semua berkumpul untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka ungkapan rasa syukur kepada-Mu atas karunia ulang tahun ke-77 kemerdekaan bangsa dan negara kami, serta anugerah dari-Mu yang tak terbilang dan tercurah di Bumi Pertiwi.

Ya Allah, Tuhanku Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,

Ampunilah dosa-dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa para pemimpin kami dan dosa para pahlawan yang telah gugur mendahului kami. Tetapkanlah hati kami agar selalu berada di atas jalan yang benar, jalan yang Engkau ridhoi.

Ya Allah Yang Maha Agung,

Berikanlah kami kemudahan dan kekuatan dalam membangun negeri yang kami cintai ini agar lebih maju. Jadikanlah negeri kami ini, negeri yang bermanfaat, negeri yang berkah, negeri yang rakyatnya sejahtera dan negeri terbaik bagi seluruh rakyat dan dunia. Negeri yang baldatun thayyibatun warabbun ghafur.

Ya Allah Yang Maha Kuasa di atas segalanya,

Kuatkanlah rasa persatuan dan kesatuan kami, agar kami mampu membangun karakter bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju dan unggul dalam berbagai bidang. Maju dalam akhlak dan pengamalan takwa kepada-Mu.

Ya Alllah, Dzat Yang Maha Penjaga Hati

Anugrahi kami kejernihan hati dan pikiran dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai pedoman dan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ya Allah Yang Maha Mendengar,

Hanya kepada-Mu lah kami berharap dan memohon. Berikanlah kami petunjuk agar peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini bisa menjadi momentum untuk saling merekatkan kesatuan dan persatuan.

Ya Allah, teguhkan lah rasa cinta kami terhadap Tanah Air, tumbuhkan tenggang rasa, solidaritas antar sesama masyarakat, dan gotong royong dalam membangun bangsa.

Jadikan kecintaan kami kepada NKRI sebagai bentuk kecintaan pada-Mu, kecintaan atas karunia yang Engkau limpahkan kepada kami.

Ya Allah, Dzat Yang Maha Pengabul Doa, kabulkanlah doa-doa dan permohonan kami.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ. وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Aamiin Yaa Allah, Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here