Berikut Daftar Negara yang Tidak Bahagia di Dunia, Urutan Pertama Afghanistan

102
Angelina Jolie bersama anak-anak Afghanistan. (Foto: UNHCR)

Jakarta, Muslim Obsession – Afghanistan dinobatkan sebagai negara paling tidak bahagia di dunia. Hal ini ditemukan dalam laporan tingkat kebahagiaan teranyar World Happiness Report 2022.

World Happiness Report merupakan laporan yang dikeluarkan oleh Sustainable Development Solutions Network untuk PBB. Laporan ini selalu dikeluarkan jelang Hari Kebahagiaan Sedunia yang jatuh pada 20 Maret lalu.

Laporan menemukan Afghanistan berada di urutan terbawah dari 146 negara yang dipantau. Sementara negara paling bahagia jatuh kembali pada Finlandia.

Laporan ini memeringkatkan seluruh negara di dunia berdasarkan beberapa variabel yang dinilai menjadi faktor kebahagiaan. Mulai dari pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, hingga kemurahan hati.

Afghanistan mendapatkan skor rendah di semua kategori, dengan raihan angka 2,4. Angka tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan Finlandia yang mendapatkan nilai 7,8. Mengapa? Karena negara ini dilanda perang saudara yang yak berkesudahan.

Menemani Afghanistan, Libanon dan Zimbabwe menduduki peringkat kedua dan ketiga terbawah dalam daftar tersebut dengan skor yang sama 2,9.

Alasan Afghanistan Jadi Negara Paling Tidak Bahagia

Maraknya di bawah pemerintahan yang didukung Amerika Serikat (AS) di Kabul menjadi salah satu penyebab Afghanistan jadi negara paling tidak bahagia. Tingkat kemiskinan yang tinggi dan kurangnya kesempatan kerja juga turut berpengaruh.

Pada jajak pendapat Gallup tahun 2018, mayoritas masyarakat Afghanistan mengaku tak memiliki harapan untuk masa depan, meski kekuasaan Taliban telah jatuh pada tahun 2001 silam.

“Satu-satunya fokus adalah perang, panglima perang, dan politisi korup,” ujar analis Nasratullah Haqpal, mengutip Associated Press.

Haqpal juga melihat tingkat kemiskinan Afghanistan yang semakin menjadi-jadi. “Orang-orang jadi semakin miskin, semakin kecewa, dan semakin tidak bahagia,” tambahnya.

Berikut daftar negara paling tidak bahagia di dunia berdasarkan World Happiness Report:

1. Afghanistan
2. Libanon
3. Zimbabwe
4. Rwanda
5. Botswana
6. Lesotho
7. Sierra Leone
8. Tanzania
9. Malawi
10. Zambia

Selain itu, laporan juga mengingatkan bahwa skor Afghanistan sebagai negara paling tidak bahagia di dunia berisiko kembali turun lebih jauh lagi karena krisis kemanusiaan yang tengah berlangsung. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here