Bandara Jeddah Kini Sediakan Layanan Antar-Jemput Gratis ke Masjidil Haram 

31

Muslim Obsession – Bandara Internasional King Abdulaziz yang berlokasi di Jeddah, Arab Saudi, baru-baru ini mengumumkan peluncuran layanan antar-jemput gratis baru untuk jamaah umrah dan haji.

Layanan ini diberikan untuk membantu dan memudahkan jamaah yang akan beribadah di Masjidil Haram.

Pernyataan yang dikeluarkan pihak bandara di media sosial Twitter menjelaskan bahwa layanan baru tersebut akan membawa jamaah umrah dan haji dari Terminal 1 bandara di Jeddah ke Masjid al-Haram di Makkah.

Seperti dilansir Saudi Gazette pada Senin, 16 Januari 2023, sarana transportasi tersebut akan berangkat dari bandara di Jeddah setiap dua jam sekali, mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

Sedangkan untuk jam operasional Masjidil Haram di Makkah akan berangkat setiap dua jam sekali, mulai siang hingga tengah malam.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa transportasi berupa shuttle bus tidak dipungut biaya bagi jamaah yang memenuhi ketentuan sebagai berikut:

1. Mengenakan pakaian Ihram

2. Menunjukkan identitas nasional warga negara/penduduk

3. Tunjukkan paspor untuk orang asing.

Kerajaan Arab Saudi dikabarkan terus membangun sarana transportasi penunjang untuk memudahkan jamaah yang ingin beribadah di Dua Masjid Suci, termasuk mengoperasikan kereta cepat Haramain untuk umum pada 2022.

Kereta tersebut membawa jamaah haji dan musafir lainnya. dari Makkah ke Madinah.

Mega proyek senilai 60 miliar Saudi Riyals atau 16 miliar dolar AS itu merupakan rel kereta api terbesar di Timur Tengah.

Kereta ini ditargetkan mampu mengangkut 60 juta penumpang per tahun. Rute KA Haramain juga melewati dan berhenti di Jeddah King Abdulaziz International Airport dan King Abdullah Economic City (KAEC).

Ketua Otoritas Angkutan Umum (PTA) Rumaih Al-Rumaih mengatakan, beroperasinya penumpang menandai pergeseran sejarah nasional dalam industri transportasi modern Kerajaan Arab Saudi.

Dia mengatakan, kereta beroperasi dari Kamis hingga Minggu, empat hari seminggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here