Amal Ditentukan Oleh Kualitas Shalat

331

Oleh: A. Hamid Husain (Alumni Pondok Modern Gontor, King Abdul Aziz University, dan Ummul Qura University

Karena pentingnya soal shalat ini, maka kita singgung lagi agar selalu ingat bahwa shalat itu amat penting, shalat adalah segalanya.

Shalat itulah yang menentukan nasib kita kelak di akhirat.

Rasulullah ﷺ menegaskan bahwa shalat adalah “Tiang Agama”, maka yang membedakan antara orang Muslim dengan non-Muslim adalah shalat.

BACA JUGA: Malaikat Sayyarah Ikut Hadir di Majelis Taklim

TRUE STORIES:

Rasulullah ﷺ bersabda:

عن انس بن مالك انه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الصَّلَاةُ، فَإِنْ صَلَحَتْ صَلَحَ لَهُ سَائِرُ عَمَلِهِ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ . (رواه الطبرانى)

“Pertama kali yang diperiksa pada setiap orang di Hari Kiamat kelak adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka seluruh amalnya baik, jika shalatnya tidak baik, maka seluruh amalnya pun dinilai tidak baik,” (Hadis Sahih Riwayat Al-Imam At-Thabrani).

Hadits lain:

 أَوَّلُ مَا يُسْأَلُ عَنْهُ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُنْظَرُ فِي صَلَاتِهِ، فَإِنْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ (وفي رواية: أَنْجَحَ)، وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسَرَ. (رواه الترمذى)

“Setiap orang, pertama kali yang ditanyakan kelak pada hari Kiamat adalah Shalatnya. Jika Shalatnya baik, dia telah beruntung dan selamat, jika Shalatnya tidak baik, maka dia telah merugi,” (Hadits Sahih Riwayat Al Imam At Turmudzi).

BACA JUGA: Perbanyaklah Senyum

POINTERS:

1- Jangan pernah meninggalkan shalat. Karena shalat inilah yang menentukan nasib kita kelak di Akhirat.

2- Shalat adalah kesempatan emas memohon dan berdoa kepada Allah SWT, maka sejatinya kitalah yang PERLU dan BUTUH pada shalat, bukan Allah SWT Yang meminta minta untuk disembah.

3- Oleh karena itu, nantikanlah waktu-waktu shalat dengan hati yang rindu, kangen dan bahagia.

4- Salah satu tanda orang orang Munafik, musuh Allah, adalah yang hatinya merasa terganggu dan berat jika datang waktu shalat.

BACA JUGA: Meski Telah Meninggal, Pahala Terus Mengalir

Semoga Allah SWT, senantiasa menganugerahkan kita pertolongan-Nya agar kita selalu mudah dan hati merasa senang MENGINGAT, berdzikir, bersyukur dan beribadah dengan sebaik baiknya pada Allah SWT.

Hafal dan perbanyak doa yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ ini:

اللهم اعنا على ذكرك و شكرك و حسن عبادتك

Allaahumma a’innaa ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here