Ada Kaitannya dengan Gus Dur, Gus Muwafiq Minta Lagu Joko Tingkir Dicabut

802
Gus Muwafiq. (Foto: duta islam)

Jakarta, Muslim Obsession – KH Ahmad Muwafiq atau yang akrab dipanggil Gus Muwafiq membenarkan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) memiliki keturunan langsung dengan Joko Tingkir. Ia pun mendesak pencipta dan lagu tidak lagi menyanyikan Lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet’.

Gus Muwafiq mengetahui Gus Dur memiliki keturunan langsung dengan Joko Tingkir saat menemani Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ziarah Petilasan Sultan Pajang, Kanjeng Hadiwijoyo di Lamongan. Saat itu Gus Muwafiq menjadi asisten pribadi Gus Dur.

“Iya saya diajak Gus Dur (ke Petilasan) di Lamongan itu,” ujarnya, Ahad (14/8/2022).

Bahkan Gus Dur sempat bercerita jika memiliki jalur langsung keturunan dari Sultan Pajang, Hadiwijaya. Oleh karena itu, kata Gus Muwafiq, KH. Abdurrahman Wahid bisa menjadi presiden, karena keturunan raja.

“Gus Dur itu punya jalur langsung (keturunan) dengan Joko Tingkir. Makanya beliau jadi presiden,” tegasnya.

Selain itu, Joko Tingkir adalah sosok pejuang saat melawan penjajah Belanda. Hal itu pun kemudian diteruskan oleh keturunannya, yakni Sultan Agung yang merupakan pahlawan nasional.

“Beliau adalah pejuang sama dengan Sultan Agung yang sudah dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Itu buyut-nya Sultan Agung. Joko Tingkir ini adalah raja yang melahirkan raja-raja dan ulama di Jawa. Jadi bukan orang sembarangan,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata Gus Muwafiq, tidak layak jika nama Joko Tingkir dijadikan guyonan dalam lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet.

“Lah yo kok ngombe Dawet gitu bukan pada tempatnya, itu guyonannya,” pungkasnya.

Sebelumnya muncul penolakan lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet’ dari ulama, tokoh masyarakat, warga Lamongan dan anggota dewan. Ulama menyebut penggunaan Joko Tingkir di lagu tersebut tidak pantas dan dianggap merendahkan sosok murid Raden Said atau Sunan Kalijaga.

Mereka tak terima nama guru ulama nusantara yang alim, kharismatik dan dihormati, diparodikan dalam lagu dangdut koplo. Apalagi, sosok Joko Tingkir memiliki kaitan erat dengan Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (Al)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here