Terinspirasi Asian Games 2018, Siswa Myanmar Belajar Tari Saman

1077
Tari Saman (Foto: Kmlu RI)

Myanmar, Muslim Obsession – Para siswa siswi SDEC International School sangat terkesan dengan persembahan Tari Saman saat pembukaan Asian Games tahun 2018 sehingga memutuskan untuk menampilkannya dengan mempelajarinya dari Youtube dan panduan dari guru-guru mereka.

Tari Saman adalah tari tradisional asal Aceh yang terkenal akan kebersamaan, kekompakan dan unsur pendidikannya. Sudah menjadi kewajiban bangsa Indonesia untuk terus memperkenalkan dan melestarikan kekayaan budaya kita.

Dikutip melalui siaran pers Kemlu RI, Selasa (14/1/2020).Tarian itu dipersembahkan dalam acara Students Festival Myanmar 2020 di Diamond Jubile Hall, Universitas Yanggon yang digelar oleh KBRI Yangon. Pada kesempatan tersebut, KBRI Yangon memberikan edukasi mengenai Indonesia, mulai dari mata uang yang digunakan, wilayah Indonesia, warisan bersejarah yang dapat dikunjungi seperti Candi Borobudur dan hal-hal lain seperti budaya batik di Indonesia.

Students Festival Myanmar merupakan kegiatan yang melibatkan 1000 siswa setingkat SMP dan SMA negeri maupun swasta di Yangon. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh KBRI Yangon untuk memperkenalkan Indonesia kepada generasi muda Yangon termasuk mengundang para peserta untuk menjadi followers media sosial KBRI Yangon.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan bersejarah yang berhasil menyatukan siswa sekolah negeri dan sekolah swasta. Kerja sama dalam bidang pendidikan itu sangat penting, khususnya karena motto pendidikan kita adalah No one left behind, Education for All,” kata Menteri Pendidikan Myanmar, Dr. Myo Thein Gyi dalam pembukaannya menekankan pentingnya kerja sama seluruh pihak dalam bidang pendidikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here