Studi: Latihan Aerobik Bikin Pintar dan Awet Muda

1273
Manfaat Aerobik (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Menurut jurnal medis dari Akademi Neurologi Amerika, latihan aerobik yang teratur seperti berjalan, bersepeda atau menaiki tangga dapat meningkatkan keterampilan berpikir tidak hanya pada orang tua tetapi juga pada anak muda.

Studi ini juga menemukan bahwa efek positif dari olahraga pada keterampilan berpikir dapat meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Perangkat keterampilan berpikir spesifik yang ditingkatkan dengan latihan aerobik disebut sebagai fungsi eksekutif.

Fungsi eksekutif adalah kemampuan seseorang untuk mengatur perilaku mereka sendiri, memperhatikan, mengatur dan mencapai tujuan.

“Seiring bertambahnya usia, mungkin ada penurunan dalam keterampilan berpikir, namun penelitian kami menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur dapat membantu memperlambat atau bahkan mencegah penurunan tersebut,” kata penulis studi Yaakov Stern, PhD, dari Universitas Columbia di New York, dan seorang anggota dari Akademi Neurologi Amerika.

“Kami menemukan bahwa semua peserta yang berolahraga tidak hanya menunjukkan peningkatan fungsi eksekutif tetapi juga meningkatkan ketebalan di area lapisan luar otak mereka,” ujar mereka seperti dilansir situs resmi American Academy of Neurology, Jumat (8/2/2019).

Penelitian ini melibatkan 132 orang yang berusia antara 20 dan 67 tahun yang tidak merokok atau memiliki demensia tetapi juga tidak berolahraga pada awal penelitian dan bertekad memiliki tingkat kebugaran di bawah rata-rata.

Peserta secara acak diberikan waktu enam bulan latihan aerobik atau peregangan dan pengencangan empat kali seminggu. Kedua kelompok sama-sama seimbang untuk usia, jenis kelamin, pendidikan, serta ingatan dan keterampilan berpikir pada awal studi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here