Jelang Pilpres 2019, Ini Harapan MUI Untuk Ulama

1166
KH. Ma'ruf Amin
KH. Ma'ruf Amin.

Jakarta, Muslim Obsession – Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 suasana politik sudah mulai memanas, maka dari itu KH Ma’ruf Amin menilai untuk mencegah hal tersebut diperlukan ulama agar meredam konflik yang semakin panas.

“Tugas ulama itu tentu menjaga bangsa masyarakat supaya Pileg dan Pilpres itu tidak terjadi konflik supaya tetap menjaga persaudaraan secara Islam, secara ukhuwah Islamiyah dan ukuwah Wathaniyah. Ini ulama menjaga itu, tugasnya mengawal bangsa mengawal umat,” ujar Kiai Ma’ruf gedung MUI, Jakarta  Selasa (31/7/2018).

Kendati demikian, Kiai Ma’ruf tidak melarang jika memang ada ulama yang ingin masuk ke dalam politik praktis. Asalkan, ulama itu memiliki tujuan yang baik mengembangkan agama Islam yang rahmatan lil alamin.

“Ulama berpolitik praktis kalau melalui jalur politik dia bisa lebih berkiprah untuk mengembangkan agamanya, saya kira gak ada masalah dia di dalam kelembagaan agama seperti majelis ulama, itu bagus,” tukasnya.

Selain itu, tambah dia, ulama yang memang diperlukan untuk masuk dalam struktur kenegaraan juga tidak masalah. Bahkan, kata dia, jika negara membutuhkannya seorang ulama harus siap.

“Ketika dia diperlukan dalam ikut struktur kenegaraan bahwa negara ini membutuhkan ulama ya harus siap,” katanya. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here