Patok Target 85 Persen, Kemenag-BPS Siap Survei Kepuasan Jamaah Haji

773
Survei Kepuasan Jamaah Haji ditargetkan capai 85% tahun 2018 (Foto: Kemenag)

Makkah, Muslim Obsession — Untuk mengukur tingkat kepuasan jamaah haji terhadap layanan yang diberikan pemerintah, Kementerian Agama bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) adakan Survei Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (SKJHI) Tahun 2018.

Selain itu, survei ini juga bertujuan untuk memperoleh data dan informasi terkait pelayanan yang diperoleh jamaah selama melaksanakan ibadah haji.

Hal ini diungkapkan Edi Prawoto, petugas BPS, saat ditemui di Kantor Daker Makkah, Al Adel, Makkah, Rabu (25/7/2018) siang waktu Saudi. Menurut Edi, ada 7 (tujuh) pelayanan yang akan dinilai. Yakni pelayanan petugas haji, ibadah, transportasi bus, akomodasi (hotel/tenda), katering, kesehatan dan pelayanan lain-lain.

“Tidak seluruh jamaah akan menjadi responden survei ini, total sebanyak 14.400 jamaah yang akan diambil survei mewakili 221 ribu jamaah haji kita,” tandas Edi. Ia menambahkan, sampel tersebut diambil dari seluruh populasi jamaah haji Indonesia dengan teknik probability sampling.

“Penggunaan teknik ini bertujuan agar data yang dihasilkan dapat merepresentasikan seluruh jamaah haji dan bukan sekadar studi kasus saja,” imbuhnya, seperti dilansir Kemenag, Kamis (26/7/2018).

Alur survei yang dilakukan sebagai berikut: Pertama, jamaah haji dari regu terpilih akan menerima kuosioner dari ketua regu masing-masing; kedua, kuosioner diisi sesuai petunjuk yang ada; ketiga, kuosioner yang telah diisi lengkap dikembalikan kepada ketua regu; dan keempat, ketua regu memasukkan kuosioner yang telah diisi ke dalam amplop besar. Lalu kelima, ketua regu menyerahkan dokumen hasil pengisian kepada ketua kloter, dan terakhir keenam, ketua kloter menyerahkan ke petugas di sektor.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, Kemenag mematok kenaikan target perolehan indeks kepuasaan jamaah.

“Pada tahun ini kita menargetkan indeks kepuasan jamaah capai 85 persen,” ungkap Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Nizar Ali beberapa waktu lalu saat pelatihan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Menurut Nizar, indeks kepuasan jamaah terus meningkat tiap tahun. Tahun 2014 misalnya mencapai 81,52 persen, setahun berikutnya 82,67.

“Sementara 2016 capai 83,83 persen dan pada 2017 capai 84,85 persen,” rinci Nizar Ali. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here