Ingin Kentut Saat Shalat Berjamaah, Bagaimana Solusinya?

798
Shalat berjamaah (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Keinginan untuk buang angin atau kentut terkadang memang bisa datang kapan saja dan agak susah untuk ditahan.

Nah, bagaimana ya jika keinginan kentut ini datang saat kita sedang melaksanakan shalat berjamaah?

Dilansir laman resmi mui.or.id., solusinya adalah kita boleh meninggalkan shaf melewati depan shaf kedua untuk memperbaharui wudhunya karena hal tersebut adalah sesuatu yang mendesak.

Dari Abdullah bin Abbas, ia berkata, “Pada suatu hari aku datang dengan mengendarai keledai, pada waktu itu aku sudah dewasa. Ketika itu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sedang shalat bersama para sahabat di Mina tanpa ada dinding di depannya (sebagai penghalang). Kemudian aku lewat di depan sebagian shaf mereka. Lalu, aku turun dan aku biarkan keledai makan, kemudian aku masuk ke dalam shaf dan tidak ada satu pun yang mengingkari perbuatanku tadi.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, ini lafaz Bukhari).

Hadits ini menunjukkan boleh lewat di depan shaf makmum yang sedang shalat berjamaah karena Nabi Saw dan para sahabatnya tidak menegur Ibnu Abbas atas apa yang telah dilakukannya.

Tapi harus diperhatikan, hendaknya dilakukan jika memang ada keperluan mendesak agar tidak mengganggu orang yang sedang shalat tanpa ada keperluan atau alasan kuat.

Wallahu A’lam bish Shawab..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here