1.500 Penghafal Qur’an Ikuti Lomba Tahfidz Nasional Online Yayasan Amaliah Astra

196

Jakarta, Muslim Obsession – Sebagai bentuk apresiasi bagi remaja-remaja penghafal Al-Qur’an, Yayasan Amaliah Astra (YAA) menyelenggarakan Acara Lomba Tahfidz Nasional Online Masjid Astra untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi (PT), pada 24 September 2022.

Sebelumnya, pada bulan Februari telah diselenggarakan lomba tahfidz nasional online untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Antusiasme pendaftar lomba tahfidz Al-Qur’an tingkat SMA dan Perguruan Tinggi sangat tinggi.

Tercatat sebanyak 1.500 penghafal Al-Qur’an dari 25 provinsi dan 13 berasal dari luar negeri mendaftar melalui Amaliah.id, sebanyak 1.306 peserta yang lolos verifikasi berkas.

Peserta lomba tahfidz Al-Qur’an diseleksi kembali oleh juri di babak penyisihan Maqra’ melalui video yang diunggah saat mendaftar, sehingga terpilihlah 209 penghafal Al-Qur’an.

Selanjutnya peserta diuji langsung oleh dewan juri dari Islami Centre Wadi Mubarok yang dipimpin langsung oleh Ustaz Miftahul Arifin, untuk menentukan penghafal Al-Qur’an terbaik.

Pengalamannya sebagai juri internasional perwakilan Indonesia pada event The Quran and Athan International Awards, di Saudi Arabia tahun 2021 dan 2022 diharapkan menambah kualitas lomba.

“Kami berharap, semangat anak-anak penghafal Qur’an yang tak kendor terus menambah hafalan, memberi inspirasi untuk kita semua untuk terus produktif dan mengisi hari-hari dengan aktifitas positif. Semoga kegiatan ini bukan ajang lomba semata, namun menjadi sarana kita untuk bersilaturahmi dan saling belajar agar ibadah kita lebih baik lagi,” jelas Boy Kelana Seobroto selaku Ketua Bidang Sosial Religi YAA.

Setelah melewati babak penyisihan dan final, berikut adalah nama-nama peraih juara Lomba Tahfidz Nasional tingkat SMA dan Perguruan Tinggi :

– Juara satu (1) diraih oleh Unaisah Sabrina dari Pesantren Tahfidz Al-Qur’an dan Bahasa Arab Bina Mandiri Putri Magelang, Jawa Tengah

– Juara dua (2) diraih oleh Qonita Azka Nadiya dari Al Wildan Islamic School 1, Banten

– Juara tiga (3) diraih oleh Al Baari’’q Iltizam dari Mahad Imam Asy Syathibi, Jawa Barat

– Juara harapan satu (1) diraih oleh Zulfa Azzahra dari Mahad Aisyah Binti Abu Bakar, Jawa Barat

– Juara harapan dua (2) diraih oleh Abubakar dari Pesantren Islam Al Irsyad, Jawa Tengah

– Juara harapan tiga (3) diraih oleh Salma Bintu ‘Ali dari Homeschooling, Riau

Penyelenggaraan lomba tahfidz nasional tingkat SMA dan Perguruan Tinggi sejalan dengan tujuan Yayasan Amaliah Astra, yakni menggiatkan usaha dalam bidang sosial keagamaan untuk mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here